blank
Para siswa SD Negeri 3 Balepanjang Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, yang diduga menderita keracunan, mendapatkan pengobatan di Unit Rawat Inap Puskesmas Baturetno.(Ist.SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sekitar 20 siswa SD Negeri 3 Balepanjang, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, Selasa (15/11), menderita mual-mual diduga keracunan makanan jajanan jenis cilok atau cilor (Aci Telor).

Informasi yang dihimpun dari lokasi kejadian, menyebutkan, kasus dugaan keracunan massal ini, diketahui setelah siswa Kelas 6 atas nama Muhammad Gilang Romadhon, mual dan muntah di dalam kelas. Kejadian ini berlangsung saat pembelajaran berlangsung di pagi hari.

Dalam kondisi pucat dan lemas, dia kemudian dibawa oleh gurunya, Ari Purwoko, ke Ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) untuk diberikan tindakan pertolongan pertama. Yakni diolesi minyak kayu putih, karena diduga menderita masuk angin.

Tapi dugaan sakit karena keracunan makanan jajanan, menguat saat ada siswa-siswa lain yang juga merasakan hal sama, sebagaimana dialami oleh Siswa M Gilang Romadhon.

Karena yang menderita mual makin bertambah, atas inisiatif Guru Arif Purwoko dan Kepala Sekolah (Kasek) Agus Setiyono, para siswa kemudian dibawa ke Unit Rawat Inap Puskesmas Baturetno.

Bersamaan itu, kasus ini segera dilaporkan ke Polsek Baturetno.
Dari 20 siswa yang menderita keracunan, 14 diantaranya mendapatkan perawatan dengan memperoleh infus penambahan cairan.

Mereka adalah Muhammad Gilang Romadhon dan Dhea Yaksia Rifani keduanya siswa Kelas 6. Berikut Yoga Utama Mustika Dewa, Alexa Oktavia Pramudita, Kirana dan Gwen Safira dari Kelas 5.

Bangsal Perawatan

Yang memperoleh perawatan di Bangsal Rawat Inap Puskesmas Baturetno, terdiri atas Dila Nursila, Nanada Budi Pratama dan Febri Aqirudin masing-masing dari Kelas 6. Berikut Siswa Dwika Priandira Saraski, Muhammad Alif Baihaqi, Naval Alfaro, Nabila Zahara Kurniawan, dan Fino Dwi Utomo dari Kelas 5.

Kemudian yang dari Kelas 4 Erna Suryaningsih dan Denovy Maharani. Para siswa dari Kelas 3 adalah Alif Fawas Maulana, Haidar Arfan Hidayat, Alfian Riski Mutha. Siswa dari Kelas 2 adalah Denayu Jalawira.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kapolsek Baturetno AKP Surono melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, telah mengamankan Pedagang Cilor atas nama S (38) warga Dusun Batu Kidul Desa dan Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

Kepada petugas, S sebagai pria pedagang Cilor, menuturkan, dagangan yang dijajakan di SD Negeri 3 Balepanjang, bahannya sama sebagaimana pembuatan pada hari-hari sebelumnya. Yang pada hari-hari sebelumnya aman-aman saja.

Ikut hadir membantu penanganan, personel TNI dari Koramil Baturetno Kodim 0728 Wonogiri. Bersama Tim Kesehatan dari Puskesmas Baturetno Pimpinan Dokter Sustiyadi MKes, juga telah diamankan dagangan Cilor yang diduga meracuni tersebut. Sampel makanan jajanan Cilor termasuk bahannya, dikirim ke laboratorium untuk diperiksa.

Laporan menyusul menyebutkan, sebanyak 19 dari 20 siswa yang berobat ke Unit Rawat Inap Puskesmas Baturetno, telah diperbolehkan pulang karena kondisinya membaik.

Bambang Pur