Tim Pengabdian kepada Masyarakat USM melakukan penanaman pipa resapan horisontal di

PEKALONGAN (SUARABARU.ID)-Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Semarang (PkM FT USM)  memasang pipa resapan horizontal tahap 1 di depan lapangan Tirto Kelurahan Turen, Kecamatan Pekalongan Barat pada 11 November 2022.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut didanai oleh Universitas Semarang (USM).

Ketua Tim PkM USM terdiri atas Ketua Hani Purwanti., S.T., M.T, anggota Dr. Ir.Edy Susilo., M.T, Dr Adolf situmorang., S.T., M.T dan Ir. Istianah., M.T. Kegiatan ini juga didukung oleh dua mahasiswa dan pekerja di lapangan yang bertugas untuk menggali tanah untuk menanam pipa resapan horizontal. Kedua mahasiswa tersebut adalah Pradana hadi Sanjaya dan Budi eka Mulyanto.

Ketua Tim PkM USM Hani Purwanti mengatakan, pemasangan pipa ini dimaksudkan untuk membantu meresapkan air hujan di sekitar lokasi untuk masuk meresap ke dalam pipa dan dibuang atau dialirkan ke saluran yang ada di dekat pipa resapan tersebut.
”Jadi tidak menggenang ke jalan dan sekitarnya. Kegiatan ini merupakan pengembangan dari Desertasi Dr Ir Edy Susilo MT yang juga anggota dari tim Pengabdian masyarakat ini,” katanya.

Menurut Hani, pipa resapan horizontal rencana dipasang di dua tempat yaitu di tepi lapangan Tirto dan di sebelah selatan rel kereta api. Keduanya masih di wilayah Kelurahan Turen, Kecamatan Pekalongan Barat. ”Pipa resapan ini nantinya setelah terpasang akan diserahkan kepada ketua RT setempat untuk difungsikan sebagaimana mestinya sekaligus merawatnya secara berkala untuk menjaga agar pipa resapan horizontal bisa menberikan manfaat yang maksimal.

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik juga mendatangi Kelurahan Pekalongan Kota dan diterima oleh Lurah yaitu Nur Imaniah. Nur Imaniah mengapresiasi kegiatan Tim PkM USM yang telah melakukan pemasangan pipa resapan horizontal.

Dia berharap, masyarakat dapat mempergunakan dengan baik sehingga dapat mengatasi masalah yang selama ini terjadi di sekitar Kelurahan Turen yaitu genangan air setiap musim hujan.

Pada kesempatan itu, Lurah Pekalongan Kota menandatangai MOA dengan Fakultas Teknik USM untuk menerima, memantau kemanfaatan dari pipa resapan horizontal.

”Kami berterima kasih kepada Tim Pengabdian Fakultas Teknik yang sudah membantu mengatasi permasalahan rutin yaitu genangan air setiap musim hujan tiba di Kawasan Rob Pekalongan Barat,” uangkap Nur Imaniah.

Muhaimin