blank
SENIOR - Sederet pemain senior yang kemungkinan akan gantung sepatu usai Piala Dunia Qatar. (foto: dailymail.co.uk)

SUARABARU.ID – Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mungkin hanya memiliki satu kesempatan lagi untuk meraih kejayaan Piala Dunia, sementara Modric, Benzema dan Suarez juga bisa gantung sepatu – saat Piala Dunia Qatar makin dekat. Berikut adalah nama-nama yang kemungkinan akan mengucapkan selamat tinggal pada turnamen tersebut.

1. Cristiano Ronaldo (Portugal)
Caps: 189
Gol: 117
Cristiano Ronaldo menegaskan bahwa dia akan terus bermain selama dia merasa dia tetap bugar. “Saya yang bertanggung jawab dalam karir saya, dan akan berhenti saat seharusnya berhenti.”

“Banyak orang menanyakan pertanyaan ini. Sayalah yang akan menentukan masa depan saya. Jika saya ingin bermain lebih banyak, saya bermain. Dan jika saya tidak ingin bermain, saya tidak bermain.”

Jika ada yang bisa tampil di Piala Dunia pada usia 41 tahun, itu adalah Ronaldo. Persis seperti itulah usianya di edisi 2026, tetapi itu pun mungkin terlalu jauh. Sebelum Ronaldo melakukan debut internasional untuk Portugal pada 2004, negaranya hanya lolos ke enam turnamen besar. Dengan dia, mereka telah mencapai 10 kali berturut-turut.

Itu termasuk lima Piala Dunia dan lima Kejuaraan Eropa. Di tengah keraguan dengan bertambahnya usia di setiap kesempatan, dia telah mencetak 117 gol dalam 189 pertandingan.

2. Robert Lewandowski (Polandia)
Caps: 132
Gol: 76
Di antara yang berusia di atas 30 tahun, Robert Lewandowski tampaknya paling mungkin bermain hingga Piala Dunia 2026. Kemudian, dia akan berusia 37 tahun, tetapi dia dalam kondisi fisik puncak.

Sama seperti Ronaldo, Lewandowski tetap berada di puncak permainannya dan menjaga dirinya sendiri, yang berarti dia lebih dari mampu untuk menjadi pemain Polandia di masa depan.

Dia juga sosok tak terbantahkan di negaranya. Dia adalah kapten mereka, pembuat penampilan utama mereka dan, yang lebih penting, pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka. Anehnya, dia tidak pernah mencetak gol di Piala Dunia, dan ingin memperbaikinya.

Kualifikasi ke turnamen dalam waktu empat tahun bukanlah prestasi yang berarti, tetapi pertama-tama, Lewandowski akan mengarahkan pandangannya dengan kuat untuk memimpin Polandia menuju kesuksesan kali ini.

3. Thiago Silva (Brasil)
Caps: 107
Gol: 7
Brasil terakhir kali menjuarai Piala Dunia pada 2002, tetapi ada desas-desus dan optimisme nyata tentang mereka tahun ini. Thiago Silva, bek tengah tangguh mereka, akan berperan penting dalam hal ini.

Dia akan berusia 38 tahun saat Piala Dunia Qatar dimulai, tetapi kemungkinan dia akan sekali lagi mengambil tempat biasanya di lini belakang tim. Silva sangat ingin menegaskan bahwa dia menjalani karirnya satu musim pada satu waktu, dengan mengatakan: ‘Kami tahu bahwa kebugaran kami tidak sama dengan dua, tiga tahun lalu. Waktu untuk pulih di antara pertandingan banyak berubah. Tapi aku akan terus mempersiapkan diri untuk menggapai mimpiku.”

“Piala Dunia di depan mata. Mustahil untuk tidak memikirkan Piala Dunia.”

Bek berpengalaman ini juga ingin bermain hingga usia 40-an, dan tidak mengherankan jika ia melampaui pencapaian tersebut dan menambah 107 caps internasionalnya hingga saat ini.

4. Lionel Messi (Argentina)
Caps: 162
Gol: 86
Meski harus menunggu lama, tetapi Lionel Messi akhirnya memenangkan trofi pertamanya bersama Argentina musim panas lalu di Copa America. Pada pergelaran Piala Dunia kali ini mungkin yang kedua, dan terakhir.

Mereka mengalami persaingan yang ketat di Brasil pada tahun 2014 tetapi kemudian trersungkur di Rusia empat tahun lalu dengan cara yang menyedihkan. Sejak itu, mereka telah menemukan keseimbangan yang sempurna.

Inti dari semua itu, Messi yang berusia 35 tahun telah berkembang, dan dia bahkan berperan dalam semua gol Copa America negaranya. Sekarang, bisakah kita mengulangi kepahlawanan itu di Qatar? “Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan setelah Piala Dunia. Saya sedang memikirkan apa yang akan datang,” akunya. “Setelah Qatar, saya harus menilai kembali banyak hal.”

Ada tanda tanya besar atas apa yang menantinya setelah periode musim dingin, tetapi beberapa orang memperkirakan dia akan memilih untuk gantung sepatu dengan terhormat.

5. Luis Suarez (Uruguay)
Caps: 132
Gol: 68
Luis Suarez adalah salah satu striker terbaik dari generasinya, dan telah membantu mengubah Uruguay menjadi kekuatan yang tangguh dalam sepak bola internasional selama karirnya yang melesat.

Sekarang dia berusia 35 tahun, kemungkinan Piala Dunia Qatar akan menjadi yang terakhir baginya. Seperti yang sudah ditentukan sebelumnya, bintang veteran itu ingin tampil di panggung besar dengan keras.

Dengan dia memimpin, Uruguay telah mencapai semifinal, perempat final dan satu tempat di 16 besar, mengalahkan Argentina dan menyamai prestasi raksasa Brasil. Mereka juga telah merebut Copa America, dan Suarez akan menargetkan merebut Piala Dunia untuk menambah koleksinya, meskipun itu adalah mimpi yang sulit terwujud.

6. Luka Modric (Kroasia)
Caps: 152
Gol: 22
Ada laporan bahwa dia akan mengakhiri karir internasionalnya, tetapi Luka Modric terus bermain untuk Kroasia. Dia berusha mengobati kekecewaan di Piala Dunia 2018 setelah negaranya kalah dari Prancis di final yang mendebarkan, dan menjadi potret dari upaya mereka di turnamen tersebut.

Modric dinobatkan sebagai Player of the Tournament dan tahun ini, akan berusaha untuk menjadi yang lebih baik. Itu menjadi lebih penting dengan edisi ini kemungkinan menjadi yang terakhir. Sang maestro berusia 36 tahun, dan terlepas dari sifat metronomisnya, pada akhirnya akan melambat.

Namun kemampuannya tetap bagus seperti dulu, lihat saja penampilannya bersama Real Madrid di Liga Champions. Harapan dia, sebuah medali Piala Dunia akan menutup senja yang menakjubkan.

7. Thomas Muller (Jerman)
Caps: 116
Gol: 44
Dia boleh saja telah dikeluarkan dari tim internasional oleh Joachim Low pada 2019, tetapi Thomas Muller kembali dengan sepenuh hati dan menikmati keinginannya untuk tampil kembali di Piala Dunia. Ketidakhadirannya, bersama dengan Mats Hummels dan Jerome Boateng juga dicoret, padahal Muller adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada untuk Jerman.

Penerus Low, Hansi Flick, tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Muller dipanggil kembali, dan dia segera merebut kembali perannya yang menonjol dalam pengaturan Die Mannschaft. Berbicara setelah Flick mengambil alih, penyerang lincah itu mengatakan dia tidak berniat gantung sepatu untuk negaranya, dan karena itu dia akan bermain di Qatar.

Turnamen berikutnya, ketika Muller akan berusia 36 tahun, mungkin merupakan langkah yang terlalu jauh, jadi dia ingin sukses tahun ini.

8. Karim Benzema (Prancis)
Caps: 97
Gol: 37
Siapa pun yang mengklaim bahwa Karim Benzema telah mencapai puncaknya pada usia 34 tahun, mungkin ada benarnya. Musim ini, ia telah membawa Real Madrid ke final Liga Champions, dan mengoyak Paris Saint-Germain dengan hat-trick yang menakjubkan.

Ada perasaan bahwa dia menebus waktu yang hilang setelah pengasingannya di Prancis, dan setelah melewatkan Piala Dunia 2018, dia ingin tampil mengesankan di musim dingin ini.

Prancis, tentu saja, adalah juara bertahan. Kemenangan bagi mereka akan menjadikan mereka tim pertama yang memenangkan turnamen berturut-turut sejak Brasil pada tahun 1962.

Benzema akan sangat penting dalam upaya mereka untuk melakukan hal itu, dan sang striker dengan tegas mengatakan bahwa menempatkan Les Blues sebagai favorit sekali lagi tahun ini adalah ‘wajib’.

9. Edinson Cavani (Uruguay)
Caps: 133
Gol: 58
Edinson Cavani tumbuh tidak jauh dari rekan senegaranya Luis Suarez. Selama bertahun-tahun, keduanya membentuk kemitraan yang sempurna untuk Uruguay, meskipun usia lanjut mereka dan catatan cedera Cavani yang tidak merata mungkin membuat mereka terpisah.

Bahkan dengan pemain veteran mereka bermain, mereka hanya mampu melewati batas di kualifikasi Piala Dunia, dan mereka perlu meningkatkan di seluruh pertandingan di Qatar.

Cavani, sekarang berusia 35 tahun, telah menarik banyak keraguan karena waktunya di Manchester United gagal, tetapi rekornya dengan 54 gol dalam 130 penampilan hingga saat ini berbicara sendiri. Dia mungkin bukan pemburu lama, tetapi tujuannya akan sangat penting bagi negaranya lagi.

10. Manuel Neuer (Jerman)
Caps: 109
Gol: 0
Penjaga lama secara bertahap mulai memudar untuk Jerman, dan Manuel Neuer dapat dihitung di antara mereka. Dia tampaknya akan pergi setelah Piala Dunia ini. Dia akan berusia 40 tahun di turnamen berikutnya dan, meskipun penjaga gawang biasanya mencapai puncaknya di usia pertengahan hingga akhir 30-an, bersaing di level itu akan menjadi lebih sulit.

Neuer telah menjadi teladan bagi negaranya selama bertahun-tahun, dan dia pantas mundur dengan bermartabat. Merebut Piala Dunia untuk terakhir kalinya akan menjadi akhir dongeng. Terakhir kali keluar, semuanya menjadi sangat salah untuk Die Mannschaft. Mereka tersingkir di babak penyisihan grup, dan Neuer dibuat terlihat biasa-biasa saja.

Balas dendam mungkin ada di pikirannya kali ini. Tidak dapat disangkal bahwa dia adalah salah satu penghenti tembakan terbaik, dan dia ingin membuktikannya kepada dunia lagi.

Nur Muktiadi