Peserta Talkshow Gangguan Ginjal Akut pada anak dalam rangka peringatan International Pathology Day 2022 di car free day (CFD) Jalan Brigjen Slamet Riyadi Solo, tengah menarikan tarian Zumba pada Minggu, (13/11)(Dok/RSUD dr Moewardi)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Surakarta  melalui  Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS PatKLIn), Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Anatomi Indonesia (IAPI), dan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) menggelar talkshow dengan tema Gangguan Ginjal Akut pada anak.

Kegiatan dalam rangka peringatan International Pathology Day 2022 di car free day (CFD) Jalan Brigjen Slamet Riyadi Solo, Minggu, (13/11). Tiga nara sumber yakni Dr. Dian Ariningrum, M.Kes, Sp.PK(K), Dr. Brian Wasita, Sp.PA(K), Ph.D, dan Dr. Adji Suwandono, SH., Sp.FM tampil dalam talkshow tersebut.

Hingga 5 November 2022, kasus yang dilaporkan menyebut 324 anak usia 6 bulan hingga 18 tahun menjadi penderita, dengan 102 anak sembuh, 194 anak meninggal dunia. Sisanya hingga kini masih menjalani perawatan.

Terkait Patologi yaitu merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari penyebab dan sifat suatu penyakit. Pathologis melakukan pemeriksaan bagian tubuh (jaringan, organ dan cairan tubuh) untuk mendiagnosis suatu penyakit.

Pathologist juga membantu menentukan penyebab kematian dari bagian tubuh tersebut yang didapat dari tindakan autopsi. Patologi merupakan peran kunci dalam mendeteksi dan mendiagnosis penyakit pada tubuh manusia.