blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dalam perayaan HKN (Foto: Kmf)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Meskipun sempat  gerimis, aktivitas sepanjang acara Gebyar Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 Tingkat Kabupaten Jepara berlangsung penuh semarak. Kemeriahan ini berlangsung di kawasan jalan protokol depan Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes), Minggu (13/11/2022).

Pada kesempatan itu juga diluncurkan metode pembayaran online puskesmas bernama Sistem Host to Host. Peluncuran Sistem Host to Host dilakukan oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, ditandai dengan penyerahan plaket apresaisi. “Melalui sistem ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik dalam bidang kesehatan,” ujar bupati di sela-sela pengundian hadiah.

Sistem baru tersebut bekerja sama dengan Bank Jateng. Tujuannya memberikan kemudahan bagi pasien di puskesmas dalam melakukan pembayaran pelayanan yang tidak ter-cover JKN.

blank
Pj Bupati Jepara lepas balon peringatan HKN Tingkat Kabupaten Jeapara (Foto: Kmf)

Disamping itu diadakan juga bazar inovasi pelayanan, hingga pentas hiburan menyambut antusiasme peserta, mulai dari jajaran pemerintah kabupaten, organisasi profesi dan mitra kesehatan, serta masyarakat umum

Peluncuran Sistem Host to Host dilakukan oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta, ditandai dengan penyerahan plaket apresaisi. “Melalui sistem ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik dalam bidang kesehatan,” ujar bupati di sela-sela pengundian hadiah.

Ketua Panitia HKN Ke-58 Kabupaten Jepara, dr. Eko Cahyo Puspeno, menyampaikan bahwa kegiatan ini sekaligus kampanye kesehatan. Pasalnya, permasalahan kesehatan saat ini masih cukup kompleks. Tiga faktor penyabab utama, yakni berkembangnya bibit penyakit, perilaku hidup, dan lingkungan yang kurang sehat. “Diharapkan semua sektor semakin sadar akan pentingnya kontribusi dalam pembangunan kesehatan,” tuturnya.

Kegiatan HKN Ke-58, lanjut  Eko, juga telah dimeriahkan berbagai macam lomba. Pada lomba video pencegahan dan penanganan stunting antar-puskesmas, dimenangkan oleh Puskesmas Kedung II. Lalu, juara lomba video pelayanan unggulan antar-rumah sakit dan klinik, diraih RSUD R.A. Kartini Jepara.

Berikutnya, lomba senam lansia kader kesehatan dimenangkan oleh kader kesehatan Puskesmas Tahunan. Kemudian, juara pada lomba tenis meja antar-seluruh institusi kesehatan diraih oleh Puskesmas Donorojo.

Hadepe – Kmf