blank
Tari Gambyong memukau perhatian pengunjung ( Foto: Hadepe)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tari Gambyong yang diciptakan oleh Mas Ajeng Gambyong  salah seorang penari dari Surakarta untuk  penghormatan Dewi Sri atau Dewi Padi, menjadi  sajian pembuka  Festival Polonia yang digelar di Guesthouse Omah Laut, Pantai Ombak Mati Bondo, Sabtu 12/11-2022). Acara dimeriahkan dengan penampilan musik etnik,  Sekar Gandrung Jinggotan Jepara dibawah pimpinan budayawan Didin Ardiyansah.

Tarian Gambyong yang dibawakan oleh dua penari asal Kembang Iswanti dan Noviyanti ini berhasil  memukau  puluhan warga negara Polandia yang hadir bersama  Sekretaris I Konsulat Kedubes Polondaia di Jakarta, Yacub Zaezek  dan staf kebudayaan  dan promosi, Monika Firlus.

blank
Warga Polandia menyanyikan lagu kebangsaannya (Foto: Hadepe)

Festival yang diselenggarakan oleh Yayasan Suara Polonia  Indonesia ini diselenggarakan dalam  rangka Peringatan Hari Kemerdekaan Polandia yang ke 104.  Acara ditandai juga dengan menyanyikan lagu kebanggasaan  Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Polandia,  Mazurek Dabrowskiego.

Acara ini dihadiri oleh Pj Bupati Jepara yang diwakili oleh Endro Setyono Kasi Tramtib Kecamatan Bangsri, Camat Kembang Anwar Sadat,  budayawan Tabroni, Brodin, Danang Kristiawan, Petinggi Bondo Purwanto serta  puluhan undangan lainnya.

blank
Warga Polandia turut menari dalam alunan gending Nyidam Sari yang dinyanyikan oleh Azizah dengan iringan Sekar Gandrung (Foto: Hadepe)

Menurut Ketua Yayasan Polonia Indonesia,  Tenny Swastika acara  ini ditujukan untuk mempererat tali persaudaraan antara  bangsa Indonesia dan Polandia, utamanya dari sisi kebudayaan dan pariwisata. “Sebab melalui kebudayaan kita akan dapat saling berbagi,” ujar Tenny.

Sementara Pj Bupati dalam sambutan yang disampaikan oleh Endro Setyono memberiakan apresiasi terhadap kegiatan yang diselengarakan oleh Yayasan Polonia Indonesia untuk memperingati Hari Kemerdekaan Polandia yang ke 104. “Ini menunjukkan bahwa hubungan antara Indonesia dan Polandia telah terjalin baik,” ujarnya.

Harapannya kepada tamu undangan dari Polandia dan tamu dari negara lain  yang hadir untuk bersedia menginformasikan tentang budaya dan pariwisata  Jepara yang memiliki keunggulan komperatif jika dibandingkan wilayah lain. “Silahkan datang bersama saudara dan teman ke Jepara dan kami akan menyambutnya sebagai seorang sahabat dengan pelayanan yang baik,” ujar Endro Setyono.

Sedangkan Sekretaris I Konsulat Kedubes Polondaia di Jakarta, Yacub Zaezek  mengungkapkan penghargaan kepada Pj Bupati dan pejabat di Jepara yang sudah menyambutnya dengan sangat baik. “Harapan kami even seperti ini dapat diselenggarakan tahun depan dengan persiapan yang lebih baik dan lebih meriah. Kami sangat kagum dengan budaya dan keindahan Indonesia. Juga sikap ramah warganya” ujarnya.

Hadepe