blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kiri), saat meninjau pasar pangan murah berkualitas yang digelar di tribun barat Alun-Alun Kabupaten Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta kebutuhan pokok, Pemkab Pacitan menggelar pasar pangan murah berkualitas. Ini dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pacitan, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, pasar murah berkualitas digelar Selasa (8/11). Menjual aneka komoditas kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng (migor), telur, bawang merah, bawang putih dan cabai.  Itu dijual dengan harga relatif murah dari harga pasar.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji sangat mengapresiasi kegiatan pasar pangan murah tersebut. Demikian disampaikan Bupati, saat hadir untuk melihat langsung di arena pasar murah yang digelar di tribun barat Alun-alun Pacitan.

”Kegiatan seperti ini diharapkan mampu menjadi motivasi petani serta produk-produk asli Pacitan,” katanya. Menurut Bupati, secara umum dari data yang ada, inflasi di Pacitan tidak begitu berpengaruh, mudah-mudahan ini bisa bertahan terus.

Lebih Berdaya

Untuk itu, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji berharap, para petani lokal dengan produk-produknya dapat menjadi lebih berdaya.

Penegasan sama, juga disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Pacitan, Pamuji. Melalui kegiatan pasar pangan murah berkualitas ini, dapat merangsang semangat petani Pacitan untuk memasarkan aneka komoditas produk pertaniannya agar diminati pasar.

”Pasar pangan murah berkualitas ini, bertujuan untuk membantu mengurangi tekanan pasar karena kebutuhan. Juga sebagai membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga murah,” kata Pamuji.

Meskipun tidak memenuhi semua kebutuhan masyarakat, tapi melalui kegiatan ini, diharapkan mampu memberi pengaruh terhadap perputaran ekonomi. Juga mampu menekan laju inflasi.

Bambang Pur