blank
Tim PkM USM diterima pengurus Yayasan Panti Asuhan Asmaul Husna pada 7 November 2022. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) melakukan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Asmaul Husna, Kecamatan Semarang Utara pada 7 November 2022.

Tim PkM USM dari dosen Teknik Sipil itu terdiri atas Galih Widyarini ST MT, Nur Fithriani F C ST MT, Lintang Enggartiasto, ST MT, Diah Rahmawati ST MT. Mereka bekerja sama dengan HD Design melakukan Pendampingan Identifikasi Mutu Beton Gedung Panti Asuhan Asmaul Husna.

blank
Tim PkM USM dan pengelola Panti Asuhan Asmaul Husna foto bersama. (Foto:News Pool USM)

Dalam kunjungannya, Tim PkM USM diterima perwakilan Yayasan Asmaul Husna, Rukhiyati, dan pengelola Panti Diah dan Sofi.

Menurut Sofi, pihaknya mengasuh 25 anak. Selama ini kondisi bangunan panti yang digunakan kegaiatan anak asuhnya mengalami kerusakan seperti bocor, lembab, kolom rembes, dan dinding retak-retak.

”Ada rembesan, kalau hujan sering bocor, dinding yang belakang juga retak-retak seperti mau ambruk,” katanya.

Beberapa kerusakan tersebut, menurut Rukhiyati sudah diperbaiki. Namun karena kondisi bangunan sudah lama, sehingga rusak lagi.

”Selama ini kami sudah melakukan perbaikan-perbaikan di tempat kerusakan tersebut, tetapi selalu saja rusak kembali,” ungkapnya.

Menurut Ketua Tim PkM USM, Galih Widyarini, pihaknya akan melakukan uji mutu beton yang berkolaborasi dengan mitra kami yaitu HD Design,” ujarnya.

Setelah melakukan survei, katanya, pihaknya membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengelola data yang didapat. Lalu nanti akan disampaikan kepada pihak Yayasan terkait hasil dan langkah selanjutnya,” jelasnya.

Muhaimin