blank

Wayang merupakan salah satu kesenian  unik dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. UNESCO  pada tanggal 7 November 2003  menetapkan wayang sebagai World Masterpiece of Oral Intangible Heritage of Humanity. Sebab bangsa-bangsa di dunia dapat belajar dari nilai-nilai universal yang ada dalam cerita dan tokoh-tokoh wayang.

Penetapan tersebut kemudian dijadikan sebagai momentum penetapan Hari Wayang Nasional. Presiden Joko Widodo  pada 17 Desember 2018 telah menandatangani Keputusan Presiden No. 30 Tahun 2018 tentang Hari Wayang Nasional.

Usulan penetapan Hari Wayang Nasional 7 November berasal dari masyarakat, ekosistem komunitas pewayangan Indonesia melalui Senawangi (Sekretariat Nasional Wayang Indonesia) kepada pemerintah

Hari Wayang Nasional adalah momentum puncak kesadaran dan  kecintaan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama melestarikan serta  mengembangkan wayang dalam rangka untuk mewujudkan kebudayaan nasional yang memiliki jati diri, dinamis dan modern.

Penetapan Hari Wayang Nasional 7 November diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk meningkatkan apresiasi terhadap wayang sebagai aset budaya nasional sekaligus menjadi sarana untuk pembentukan jati diri dan karakter bangsa.

Hadepe