blank
Mendag Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Tumenggungan., pasar tradisional terbesar di Kebumen, Jumat (4/11) lalu.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kebumen Jumat (4/11) dan meninjau aktivtas di Pasar Tumenggungan.

Pada kesempatan tersebut Mendag menginformasikan Pemerintah telah memberi subsidi harga kedelai. Pada akhir tahun dia berharap harga kedelai di pasaran akan segera turun.

“Kami juga sudah menyubsidi harga kedelai dan jagung. Nanti kedelai akan turun harganya akhir Desember. Turun jadi Rp 10 ribu,”terang Zulkifli Hasan di Pasar Tumenggungan didampingi Sekjen Kemendag RI Suhanto dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Zulkifli mengajak masyarakat Kebumen untuk gemar belanja di pasar tradisional. Sebab, pasar tradisional pusat perekonomian masyarakat. Harganya pun bisa lebih murah dari pasar-pasar modern. Ia sendiri ikut belanja beras dan minyak sayur untuk diberikan kepada pengunjung.

“Saya mengajak masyarakat di mana pun berada ayo belanja ke pasar tradisional. Harganya ekonomis sekaligus membantu para UMKM agar bisa lebih maju berkembang,”ujar Mendag Zulkifli.

blank
Mendag Zulkifli Hasan didampingi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Sekjen Kemendag Suhanto di Pasar Tumenggungan, Jumat 4/11.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

Saat ini, lanjut Zulkifli, pasar juga sudah semakin maju pelayanannya, beberapa pasar rakyat sudah banyak yang melakukan transaksi pembelian secara online, market place. Kemudian, Pemkab Kebumen juga sudah merapkan aplikasi Simbok (Sistem Informasi Kebutuhan Pokok).

“Di situ nanti ketahuan, kebutuhan pokok harganya berapa, itu ada semua daftarnya, setiap hari bisa terpantau,”ujar Zulkifli Hasan.

Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Terkendali

Kunjungan ini, lanjut Mendag, juga untuk memastikan harga kebutuhan pokok terkendali. Jika terjadi lonjakan harga, pemerintah daerah maupun pusat bisa melakukan subsidi pangan.

Sementara itu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat mendamping Mendag menyampaikan, sampai saat ini stok kebutuhan pokok di Kebumen masih tercukupi. Harganya pun masih cukup terkendali, meski diakui ada beberapa yang naik.

“Alhamdulillah kita bersyukur, Kebumen kembali kedatangan Menteri, kali ini Pak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyempatkan meninjau pasar Tumenggungan untuk harga kebutuhan pokok, kabar baiknya kata Pak Menteri harga kedelai akhir tahun akan turun,”ujar Arif Sugiyanto.

Menurut Bupati, Pemkab sendiri telah memberikan kupon sebanyak 2.200 kupon untuk dibagikan kepada masyarakat. Dengan kupon tersebut masyarakat bisa langsung belanja di pasar dengan nilai belanjanya per kupon sebesar Rp10 ribu.

“Ini sesuai arahan dari Pak Menteri agar gemar belanja di pasar tradisional, tadi kita sudah berikan 2.200 kupon untuk masyarakat (pengunjung), mereka bisa langsung belanja di pasar, per kupon nilai tukarnya Rp10 ribu, total kupon yang kita berikan itu nominalnya ada Rp22 juta,”jelas Arif Sugiyanto.

Komper Wardopo