blank
Yordan Ezra, mahasiswa atlet cabor bola basket menjadi narasumber talkshow sumpah pemuda, bersama Fabio Salfa Riscky, Debora Pungky Cahyadewi, dan Latita Uma Mahardika. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Talkshow Sumpah Pemuda dengan tema ”Gagasan Mahasiswa di Hari Sumpah Pemuda”, baru-baru ini.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Prof Ir Joetata, Gedung V, Lt. 6, USM tersebut diikuti 263 peserta. Kegiatan itu diikuti antara lain Rektor USM, Dr Supari ST MT, Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, para Dekan, ketua Organisasi Kemahasiswaan (Orma), dan 204 mahasiswa penerima reward.
Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

”Pemuda adalah tokoh yang menjadi penentu kemajuan bangsa, yang salah satunya dibukti oleh para mahasiswa USM yang berhasil meraih prestasi akademik dan nonakademik baik di tingkat regional sampai internasional,” kata Junaidi.

Pada kegiatan tersebut ada empat narasumber yaitu Fabio Salfa Riscky, Debora Pungky Cahyadewi, Yordan Ezra M, dan Latita Uma Mahardika.

Empat narasumber ini adalah mahasiswa yang memiliki prestasi, khususnya di tahun 2021.

Debora Pungky Cahyadewi yang memiliki banyak prestasi di cabor bulu tangkis di antaranya, juara 2 beregu POM Asean di Thailand, juara 1 Ganda Putri di UNY Tingkat Nasional, dan juara III Ganda campuran di UM CUP Tingkat Nasional. Yordan Ezra M adalah mahasiswa atlet bola basket yang memiliki prestasi Juara 1 Pomprov, juara 1 Porsimaptar, dan juara 2 Liga Mahasiwa Nasional.

Fabio Salfa Riscky, mahasiswa prestasi cabor tarung drajat yang meraih juara I Tarung Putra 52-55kg Pomprov. Latita Latita Uma Mahardika yakni mahasiswa atlet bola voli yang meraih juara 1 Pomprov.

”Keempat atlet tersebut juga sebagai wakil dari Jawa Tengah untuk mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) di Padang, Sumatera Barat,” ujar Junaidi.

Pada saat talkshow, Debora mengatakan, untuk menjadi mahasiswa sekaligus tidak mudah, karena harus pandai-pandai membagi waktu untuk latihan dan studi.

”Saya berharap, USM dapat terus mendukung mahasiswa yang sekaligus menjadi atlet baik secara akademik maupun nonakademik, sehingga mahasiswa atletnya dapat lebih maju dan semakin berprestasi di kancah nasional dan internasional,” kata Debora.

Selain talkshow, USM juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi ditingkat regional sampai internasional, baik prestasi akademik, seperti juara krenova, lomba karya limiah dan prestasi nonakademik, antara lain juara fotografi, bulu tangkis, futsal, taekwon-do, choir (paduan suara), vocal grup, dan tari.

Sebanyak 204 mahasiswa yang mendapatkan penghargaan dari prestasi akademik dan nonakademik yang telah diraih ditingkat regional sampai internasional. Pada kegiatan ini sekaligus USM melakukan pelepasan kontingen Pomnas 2022 di Padang, bagi mahasiswa atletnya yang juara di Pomprov 2022.

Muhaimin