blank
Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, saat konferensi pers di Mapolda Jateng. Foto : Dok Humas Polda Jateng

SEMARANG ( SUARABARU.ID) Refleksi HUT Humas Polri ke-71, Humas Polri di wilayah Polda Jawa Tengah diminta mengedepankan komunikasi, dengan berbagai komunitas di masyarakat. Menjalin kemitraan dengan mereka penting dilakukan Humas Polri, untuk menunjang fungsi utamanya di Polri.

Apalagi ditambah era media sosial, di mana sangat banyak informasi yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Pada konteks yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, seperti perihal keamanan dan ketertiban masyarakat, Humas diharapkan bisa mereduksi informasi-informasi yang kontra produktif bahkan hoaks.

“Saya masih melihat adanya keengganan, ketidakmauan anggota menjaga kemitraan dengan komunitas-komunitas di masyarakat. Polisi memang bukan dididik menjadi jurnalis, tapi saat ini seluruh anggota sudah punya kemampuan untuk membuat konten, untuk diposting secara mandiri di akun atau portal sendiri,” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Minggu (30/10/2022).

Hal itu diuraikan Kombes Iqbal, sebagai salah satu bagian dari refleksi HUT ke-71 Humas Polri yang jatuh pada hari ini. Dan standar data yang disajikan, penting dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat dengan baik.

Diceritakan pula olehnya, dulu sebelum internalnya lebih banyak berkecimpung membuat narasi siaran pers, termasuk aneka konten video, kebiasaan yang dilakukan adalah berkumpul dengan komunitas, seperti blogger, influencer, komunitas wartawan, komunitas pasar bahkan tukang ojek.