blank
Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf Charlie C.L Sondakh dalam kegiatan panen raya jagung. Foto: Dok/Kodim Tegal

TEGAL (SUARABARU.ID) – Dalam mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan, Kodim 0712/Tegal bersama Yayasan BNL (Berlian Nusantara Lestari) melakukan panen raya jagung demplot.

Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Karanganyar, Kecamatan Kedungbanteng, Sabtu (29/10/2022).

Panen raya dilaksanakan Dandim 0712/Tegal bersama Ketua Yayasan BNL yang secara simbolis memetik buah jagung yang sudah mulai mengering dan siap panen.

Diketahui, lahan seluas 1 hektar yang ditanami jagung tersebut sebelumnya merupakan lahan terlantar (kosong), yang belum pernah digarap.

Dengan penuh semangat dan motivasi, seluruh personil Kodim 0712/Tegal bersama anggota Koramil 13/Kedungbanteng bahu membahu mengubah lahan kosong seluas satu hektar menjadi ladang jagung.

Dandim 0712/Tegal menyatakan akan melaksanakan panen jagung. Pihaknya mengaku perlu belajar agar bisa memanfaatkan lahan-lahan yang ada.

“Kegiatan panen raya ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk wujud TNI-AD, khususnya Kodim 0712/Tegal terhadap program pemerintah pusat dibidang ketahanan pangan. Kami siap bekerja sama dengan istansi lain dalam mendukung pemerintah untuk melaksanakan kegiatan ketahanan pangan,” terang Dandim.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan panen raya ini merupakan yang kedua kalinya di tahun 2022 dimasa kepemimpinannya.

Dikatakan, berkat dukungan dari masyarakat sekitar dan peran serta Babinsa Kodim 0712/Tegal juga Koramil dalam pengawasan sekaligus penanganan dan pembinaa, mereka sukses menanam jagung dan siap untuk dipanen.

Hadir dalam panen raya Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf Charlie C.L Sondakh, Pasiter Kodim 0712/Tegal, Kapten Inf Shokib setyadi, Danramil 13/Kdb Kapten Cpm Suharsono, Kapolsek Kedungbanteng Akp Riyadi, Ketua Yayasan BNL diwakili R Gunawan, dan lainnya.

Ning Suparningsih