blank
Anggota Bawaslu Wonogiri yang menjadi Ketua Pokja Rekrutmen Panwaslu Kecamatan, Isnawati Sholihah (beridiri kanan menghadap lensa), saat tampil jadi nara sumber pada Rakor Pengawasan.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonogiri, menyiapkan 75 personel pengawas yang bertugas di tingkat kecamatan. Fomatnya, masing-masing kecamatan sebanyak 3 personel Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan. Sebagaimana diketahui, Kabupaten Wonogiri memiliki 25 kecamatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri, Ali Mahbub, Rabu (26/10), menyatakan, telah mengumumkan para personel Panwaslu Kecamatan terpilih, setelah melakukan serangkaian proses seleksi. Yakni mulai dari seleksi administrasi, seleksi tes Computer Asisted Test (CAT) dan terakhir tes wawancara.

Total pendaftar Panwaslu Kecamatan di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri ada 291 orang. Yang lolos administrasi ada 262 orang. Kemudian yang mengikuti CAT sebanyak 235 orang.

Hasil CAT kemudian diambil peringkat enam besar ada sebanyak 145 orang. Yang selanjutnya, mereka mengikuti tes wawancara untuk diambil 3 terpilih di setiap kecamatan. ”Sehingga total Panwaslu Kecamatan ada sejumlah 75 orang dari 25 kecamatan yang ada di Kabupaten wonogiri,” jelas Ali Mahbub.

Bebas Narkoba

Ketua Pokja Rekrutmen Panwaslu, Isnawanti Sholihah, menyebutkan, hasil seleksi diumumkan pada Pukul 00.00 Tanggal 26 oktober 2022 dini hari. Seluruh Panwaslu terpilih, Rabu (26/10) hari ini menjalani tes kesehatan berupa bebas narkoba dan tes sehat jasmani rohani di RSUD Wonogiri.

Hasil tes kesehatan menjadi syarat pelantikan yang akan dilaksanakan Jumat (28/10) lusa. Bawaslu Provinsi Jateng, Bupati dan Forkompimda Wonogiri serta stakeholder Pemilu, diundang dalam acara pelantikan. Dalam acara tersebut, juga akan diberikan pembekalan dari narasumber eksternal dan internal.

Ketua Bawaslu Wonogiri, Ali Mahbub, berharap, semua personel Panwaslu Kecamatan yang terdiri 53 laki-laki dan 22 perempuan, dapat mengemban amanah tugas pengawasan dengan sebaik-baiknya. Dapat menunjukan profesionalitas, berintegritas dan menjaga netralitas.

”Setelah dilantik, langsung bertugas melakukan pengawasan verifikasi faktual keanggotaan partai politik (Parpol) di wilayahnya masing-masing,” tegas Ali Mahbub. Sebagaimana diketahui, tahapan Pemilu telah dimulai oleh KPU, yakni melakukan verifikasi faktual keanggotaan Parpol.

Bambang Pur