blank
Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi ketika meninjau kendaraan operasional pengamanan Pilkades. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Polres Wonosobo menyiapkan sejumlah 1.700 personil gabungan untuk pengamanan pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan berlangsung, Rabu (26/10/2022), besok.

Pilkades serentak tersebut akan dilakukan di 30 Desa di 14 Kecamatan di Wonosobo. Hanya Kecamatan Kalikajar yang tidak ada pelaksanaan Pilkades di tahun 2022 ini. Pilkades serentak selanjutnya akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Kepastian kesiapan personil gabungan untuk pengamanan pelaksanaan Pilkades tersebut disampaikan Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi dalam kegiatan “Apel Pergeseran Pasukan dalam Rangka Pengamanan Pilkades Serentak tahun 2022” di Alun-Alun setempat.

“Apel pergeseran pasukan ini digelar sebagai upaya untuk mengawal proses pelaksanaan Pilkades serentak bisa berjalan aman, lancar dan sukses. Pengamanan dilakukan sebelum, saat pelaksanaan hingga paska peehitungan suara Pilkades,” ujarnya.

Pasukan Gabungan

blank
Pasukan Brimob Polda Jateng yang diperbantukan untuk pengamanan Pilkades di Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Personil pengamanan Pilkades yang diterjunkan terdiri jajaran kepolisian dari Polres Wonosobo, Banjarnegara, Temanggung, Magelang, pasukan Brimob Polda Jateng, TNI, Satpol PP, jajaran Disperkimhub, BPBD dan anggota Linmas.

“Aparat keamanan gabungan harus bisa memastikan keamanan dan ketertiban jalannya Pilkades. Jaga keselamatan masyarakat, aparat keamanan, sarana dan prasarana yang ada. Jika ada pihak-pihak yang melanggar harus dilakukan penegakan hukum,” serunya.

Usai menyampaikan amanat, Kapolres lalu meninjau kesiapan pasukan yang menggikuti apel dilanjutkan dengan peninjauan kendaraan operasional yang akan dipakai pasukan Brimob Polda Jateng dan aparat keamanan gabungan lainnya.

Pelepasan pergeseran pasukan yang akan tersebar di 30 lokasi Pilkades dilakukan Bupati Afif Nurhidayat didampingi Wakil Bupati M Albar, Sekda One Andang Wardoyo, Kapolres AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi, Dandim 0707 Letkol Czi Rahmat, SE MSi dan Kajari Efendri Eka Saputra.

Muharno Zarka