blank
Suasana dialog di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, membuka acara dialog kepemudaan peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pendopo Tumenggung Bahuresko, Setda Kendal, Senin(25/10/2022).

Acara yang digelar oleh Dewan Pimpinan Daerah(DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia(KNPI) Kabupaten Kendal ini, mengusung tema “Urgensi Budaya Sebagai Penguat Karakter Bangsa”, dengan menghadirkan budayawan nasional Sujiwo Tejo

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki dalam sambutannya mengharap, pemuda harus bersatu dan memiliki semangat tinggi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurut Windu Suko Basuki, pasca pandemi Covid-19, semua pihak harus bisa tumbuh dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.

“Saat ini lahir para generasi muda dengan pola pikir serba cepat, yang dibarengi dengan canggihnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi . Oleh sebab itu, saya mengajak generasi muda untuk meningkatkan ilmu pengetahuan karena ilmu sekerang cepat berkembang dan menuntut kita untuk banyak belajar agar bisa mengikuti perkembangan zaman,”pinta Windu Suko Basuki.

Saat ini, lanjut Basuki, pemuda bisa mengakses ilmu dari berbagai sumber dengan mudah, namun di sisi lain perkembangan yang pesat ini juga berdampak negatif.

Maka dari itu, semangat pemuda dalam rangka ikut membangun bangsa harus terus digelorakan, untuk aktif berperan dan berpartisipasi dalam satu upaya mengangkat citra tanah air di kancah dunia.

“Sebentar lagi kita memperingati hari sumpah pemuda yang ke- 94 tahun. Mengangkat tema” Bersatau Membangun Bangsa”, maka pemuda harus komitmen, bangkit dan bersatu untuk membangun bangsa,”ujar Basuki.

Basuki memaparkan, pemuda adalah kekuatan yang kelak akan memegang estafet kepemimpinan. Pemuda juga mempunyai tantangan yang besar terhadap bangsa ini, oleh sebab itu, harus mempunyai mental yang kuat, sehat dan semangat untuk menghadapi problematika dan tantangan tersebut.

“Sebagai anak muda, harus mengejar sebanyak- banyaknya prestasi demi membaganggakan bangsa ini. Dimana, bisa mewakili bangsa ini untuk mencapai prestasi di pentas global. Sebagai generasi muda, marilah kita bergandengan tangan bersatu membangun bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik,”papar Basuki.

Basuki meminta kepada generasi muda, agar membentengi diri dengan ilmu pengetahuan dan nilai- nila bangsa, agar tidak terpengaruh konten- konten yang membawa kemunduran bagi bangsa Indonesia.

“Masa depan bangsa ini ada di tangan kita semua. Mari bersatu, membangun bangsa dan mampu bersaing di kancah internasional,”pinta Basuki.

Sementara itu, Ketua KNPI Kabupaten Kendal, Parno, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terelenggarakannya kegiatan ini. Karena kegiatan ini bisa terlaksana berkat sinergitas antara KNPI dengan sejumlah ormas yang ada di Kabupaten Kendal.

“Kami berharap, dengan adanya acara ini, sinergitas antara berbagai ormas yang ada di Kabupaten Kendal selalu kondusif, sehingga bisa membangun dialog kepemudaan dalam rangka hari Sumpah Pemuda,”harapnya. Sapawi