blank
Tradisi gogo lele di Desa Kawak Jepara (Foto: Amin)

JEPARA(SUARABARU.ID) – Untuk mengenang tradisi dan kebiasaan masyarakat pedesaan, maka di Desa Kawak, Kecamatan Pakis Aji Jepara  menggelar  lomba Gogo Lele Minggu (23/10-2022).  Kegiatan ini berlangsung semarak dan diikuti sekitar 3000 orang.  Kali ini hadiah utama berupa sepeda motor direbut oleh Pairi dari Jepara.

Tradisi  yang diadakan satu tahun sekali ini telah diselenggarakan  12 kali. Pelaksana kegiatan ini adalah para pemuda, yang didukung oleh Pemerintahan Desa Kawak.

Menurut Amin Ayahudi, salah satu sesepuh Desa Kawak yang juga aktivis  pegiat budaya tradisional Jepara, menghadirkan tradisi atau kebiasaan lama masyarakat sangat perlu. “ Agar anak-anak mengerti tradisi yang hampirt hilang ini,” ujar Amin Ayahudi.

Harapannya tradisi-tradisi dipedesaan yang tersebar diberbagai desa dapat dihidupkan kembali. “Disamping melestarikan, dari kegiatan ini anak-anak bisa belajar tentang budaya yang sangat diperlukan dalam pembentukan karakter,” ujar Amin Ayahudi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dispartabud Jepara.

Hadepe