Forum Mantan Aparatur Desa Indonesia (Forumadi) memberikan dukungan kepada Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjadi Gubernur Jawa Tengah. Foto: Dok/Humas Polda Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Forum Mantan Aparatur Desa Indonesia (Forumadi) memberikan dukungan kepada Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjadi Gubernur Jawa Tengah pada periode 2024-2029.

Ketua Umum Forumadi, Sumarsono mengatakan, dukungan tersebut didasari dari hasil kerja nyata Gibran sebagai Walikota yang dirasakan masyarakat serta sikap kepemimpinan yang mumpuni serta visi kerja yang jelas.

“Kami menyatakan mendukung Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjadi Gubernur Jawa Tengah,” kata Sumarsono, Rabu (19/10/2022).

Sumarsono menjelaskan, dukungan ini juga berdasarkan hasil survei beberapa lembaga yang menyatakan bahwa Gibran adalah sosok dengan elektabilitas tertinggi sebagai Gubernur Jateng.

“Selama ini masyarakat Jawa Tengah memantau dan mengikuti sepak terjang kinerja Walikota Solo di dalam kontribusinya sebagai pemimpin kepada pembangunan serta kemajuan daerah yang dipimpinnya,” tambah Sumarsono.

“Gibran juga memiliki pemikiran matang dalam menatap masa depan, tepat jika Gibran untuk memimpin Jawa Tengah,” ucapnya.

Forumadi, kata Sumarsono juga telah melihat langkah konkret yang dilakukan oleh Gibran selama menjabat sebagai Walikota Solo. Diantaranya adalah percepatan pertumbuhan ekonomi di Kota Solo pasca-Pandemi Covid-19.

Bahkan, kata Sumarsono, Gibran juga sudah membuat gebrakan Go Internasional untuk batik Solo di Paris, Prancis beberapa waktu lalu. Dari segi pariwisata dan industri, dengan bertumpu pada 10 titik prioritas pembangunan Kota Solo, Gibran telah meletakkan aspek pembangunan kota yang seimbang antara mental-spiritual dengan infrastruktur.

Sumarsono menyebut, Gibran juga aktif mendorong kegiatan acara budaya, kesenian, termasuk olahraga, baik yang bertaraf nasional maupun Internasional. Hal itu dinilai telah meningkatkan kunjungan warga ke berbagai destinasi wisata Kota Solo, sekaligus menjadi economic driver atau pendorong bagi kegiatan perekonomian kota Solo.

Dari segi pembangunan SDM, menurutnya Gibran telah menginisiasi kerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan SDM unggul untuk bersiap menjawab tantangan globalisasi yang ada.

“Didasari berbagai pertimbangan yang sangat rasional, kami Forum Mantan Aparatur Desa Indonesia secara aklamasi mendukung Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon Gubernur Provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya.

Ning Suparningsih