blank
Asisten Penyuluh Pajak Terampil KPP Pratama Jepara, Sakha Maajid saat berdialog dengan siswa (Foto : Dandy)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara menyelenggarakan kegiatan Tax Goes To School (TGTS) 2022 di SMKN 1 Karimunjawa, Kabupaten Jepara belum lama ini. Kegiatan ini diikuti secara antusias oleh 54 siswa/i SMKN 1 Karimunjawa. Kegiatan ini juga dihadiri oleh puluhan siswa/i SMPN 1 Karimunjawa.

TGTS yang merupakan agenda rutin tahunan ini dilaksanakan secara luring di aula semi outdoor SMKN 1 Karimunjawa. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan pajak kepada generasi muda sejak usia dini yang merupakan sumber penting dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal ini juga sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Asisten Penyuluh Pajak Terampil KPP Pratama Jepara, Sakha Maajid. Dalam paparannya, Sakha menerangkan bahwa pajak menganalogikan pajak terhadap APBN seperti uang saku dari orang tua bagi para siswa. Peserta memberikan sahutan setiap Sakha memberikan tebakan/analogi.

Kegiatan TGTS 2022 ini dilaksanakan dengan pembukaan sambutan yang diberikan oleh perwakilan KPP Pratama Jepara, Kepala Sekolah SMKN 1 Karimunjawa dan Kepala Sekolah SMPN 1 Karimunjawa, berturut-turut oleh Eric Tisnadi Prihandoko (Kepala Seksi Pengawasan II),  Patto Prawansyah ( Kepala Sekolah SMKN 1 Karimunjawa) dan Suparjan (Kepala Sekolah SMPN 1 Karimunjawa). Dengan mengusung tema, “Sekali Mengenal, Selamanya Bangga”, diharapkan kesadaran pajak sedari dini para siswa/i terpatri sejak dini

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan mendapatkan sambutan positif, baik dari peserta maupun seluruh dewan guru. Antusiasme dari peserta tampak dari keaktifan dalam games-games yang dipandu oleh panitia. Kegiatan tersebut ditutup dengan pemberian cindera mata  berupa kaos, doorpirce team dan goodie bagp menarik bagi seluruh para peserta.

KPP Pratama Jepara berharap kegiatan pengenalan pajak sejak usia dini dapat diaplikasi dan diabsorbsi dalam Kurikulum Merdeka, sehingga ke depan tingkat pemahaman para generasi muda Indonesia dapat menjadi lebih baik dari masa ke masa.

blank

Validasi NIK 

Asisten Penyuluh Pajak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara dampingi Bapak/Ibu Guru Karimunjawa Validasi NIK 16 digit. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan TGTS 2022 di aula semi outdoor SMKN 1 Karimunjawa (Rabu, 12/10).

Adri Kusdiyanto, Asisten Penyuluh Pajak KPP Pratama Jepara mendampingi guru di SMKN 1 Karimunjawa memvalidasi data NPWP 16 digit miliknya. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan TGTS 2022 di Karimunjawa.  17 Guru dari 31 Guru berhasil memvalidasi data NIK/NPWP 16 digitnya pada kegiatan pendampingan tersebut.

Validasi ini merupakan langkah pemadanan data NIK dan NPWP pasca berlakunya PMK-112/PMK.03/2022 pada 8 Juli 2022 silam. Agakpun tampak sepele, namun validasi NIK dan NPWP ini dapat menimbulkan tidak dapat dilayaninya beberapa layanan dari instansi pemerintah berdasarkan beleid tersebut di 2024 nanti.

Validasi ini, terlaksana berkat koordinasi secara daring sebelumnya sehingga kegiatan TGTS 2022 dapat dipadu dengan kegiatan pendampingan validasi NIK dan NPWP bagi para Guru. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan bagi para Guru yang berhasil memvalidasi data NIK dan NPWPnya, diberikan kartu NPWP desain terbaru dari petugas. Penyerahan kartu NPWP desain baru diserahkan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SMKN 1 Karimunjawa, Bapak Patto Parwansyah dan Kepala Sekola SMPN 1 Karimunjawa, Bapak Suparjan.

KPP Pratama Jepara berharap pemberian kartu NPWP desain baru ini menjadi pemikat para Wajib Pajak yang mengalami perubahan data dan memperlancar kegiatan validasi NIK dan NPWP sehingga jumlah data Wajib Pajak yang padan NIK dan NPWPnya dapat meningkat

Hadepe – Dandy