blank
Timnas Prancis. (foto: fifa.com)

SUARABARU.ID – Tim nasional sepak bola Prancis adalah juara bertahan Piala Dunia. Mereka memerintah di Rusia pada 2018 setelah mengalahkan Kroasia 4-2 di final. Skuad Prancis akan berusaha mempertahankan gelar mereka pada edisi Piala Dunia di Qatar ini.

Ringkasan Profile:
Nama Tim: France National Football Team Nickname: Les Bleus (The Blues)
Asosiasi: Federation Francaise de Football (FFF)
Pelatih Kepala: Didier Deschamps
Kapten: Hugo Lloris
Kapten Terlama: Lilian Thuram (142)
Top scorer: Thierry Henry (51 )
Stadion Kandang: Stade de France
Kode FIFA: FRA Current
Ranking FIFA: 3 (Mei 2022)
Rangking Tertinggi FIFA: 1
Rangking Terendah FIFA: 26 (September 2010)
Penampilan di Piala Dunia: 15 kali (pertama pada 1930)
Hasil Terbaik Piala Dunia: Juara (1998, 2018)
Confederation: UEFA Nickname

Peringkat FIFA

Les Bleus saat ini berada di urutan keempat dalam peringkat FIFA per Juni 2022 dengan 1764,85 poin. Tim ini menempati peringkat pertama grup kualifikasi Piala Dunia dengan 18 poin. Mereka menjalani kualifikasi yang hebat tanpa terkalahkan.

Pemain Top Prancis

Tim nasional sepak bola Prancis telah menjadi tuan rumah bagi banyak pemain terbaik di dunia sepak bola. Ini adalah pemain yang memainkan peran penting di setiap klub tempat mereka bermain. Berikut ini adalah dua pemain terbaik dalam sejarah negara tersebut:

Thierry Henry
Sangat mudah untuk menyebut kontribusi Henry ke tim nasional Prancis karena karir klubnya yang luar biasa. Kemenangan Prancis di Piala Dunia 1998 tak lepas dari kontribusinya di mana ia mengakhiri turnamen sebagai pencetak gol terbanyak Prancis dengan tiga gol.

Henry seharusnya masuk sebagai pemain pengganti di final, di mana Prancis mengalahkan Brasil 3-0. Tapi keluarnya Marcel Desailly memaksa perubahan defensif sebagai gantinya.

Pada tahun yang sama, ia dianugerahi gelar Ksatria Legiun Kehormatan, penghargaan tertinggi Prancis.

Ketika Les Bleus memenangkan Piala Eropa dua tahun kemudian, Henry mencetak tiga gol di turnamen, termasuk melawan Portugal di semifinal dan Italia di final, di mana ia terpilih sebagai Man of the Match.

Zinedine Zidane

Tiga sundulan dan dua di antaranya di final Piala Dunia 1998 hanyalah beberapa sorotan dari karir internasional Zinedine Zidane. Namun, hari-harinya bermain berakhir dengan kontroversi menyusul sundulannya ke dada Marco Materazzi di Piala Dunia 2006. Zizou selalu berjalan di garis tipis antara kecerdasannya dan sisi gelapnya.

Bagi banyak orang, final Piala Dunia masih memiliki tempat khusus di hati mereka. Final Zidane akan terus berlanjut. Stade de France terangkat ke langit malam dengan dua sundulan babak pertama yang luar biasa yang menarik perhatian benua.

Skuat sementara Piala Dunia 2022

Kiper: Mike Maignan Alphonse Areola Hugo Lloris
Bek: Raphael Varane, Jules Kounde, Lucas Hernandez, Presnel Kimpembe, William Saliba, Theo Hernandez Lucas, Digne
.Gelandang: N’golo Kante, Aurelien Tchouameni, Paul Pogba, Matteo Guendouzi, Adrien Rabiot, Jonathan Clauss, Christopher Nkunku, Striker Olivier, Giroud Moussa Diaby, Kingsley Coman, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Wissam Ben Yedder, Karim Benzema
Kapten Les Bleus saat ini adalah kiper Tottenham Hotspur Hugo Lloris, yang juga merupakan salah satu kiper dengan caps terbanyak dalam sejarah tim nasional Prancis.

Pelatih kepala tim nasional Prancis adalah Didier Deschamps. Manajer adalah mantan pemain tim nasional Prancis. Dia pensiun pada tahun 2001 dan telah menjadi manajer Les Bleus sejak 2012. Dia menjadi kapten tim Prancis yang memenangkan Piala Dunia FIFA pada tahun 1998.

Nama lengkap: Didier Claude Deschamps Tanggal lahir: 15 Oktober 1968 Tempat lahir: Bayonne, Prancis Usia: 53 (per Juni 2022) Prancis di Piala Dunia

Salah satu dari empat tim Eropa untuk bersaing di Piala Dunia pertama, Prancis memenangkan turnamen pada tahun 1998 ketika menjadi tuan rumah dan merupakan salah satu dari delapan tim nasional yang telah memenangkan kompetisi sejak 1930. Di final, mereka mengalahkan Brasil 3-0.

Tim nasional Prancis memenangkan trofi Piala Dunia kedua mereka pada 2018 di Rusia. Di final, mereka mengalahkan Kroasia 4-2 di Stadion Luzhniki.

Juara dunia bertahan Prancis akan bermain di Piala Dunia ke-16. Piala Dunia Qatar tahun ini akan menjadi partisipasi ketujuh berturut-turut dalam kompetisi sejak putaran final tahun 1998, ketika negara itu memenangkan gelar pertamanya. Di Qatar, Prancis menempati Grup D bersama Australia, Denmark, dan Tunisia.

Nur Muktiadi