Setelah proses verfak kepengurusan akan dilanjutkan dengan verfak keanggotaan. Oleh karenanya Bawaslu mengimbau kepada parpol dapat menyiapkan sebaik mungkin terkait tahapan verfak keanggotaan. “Yang terpenting parpol menyiapkan kadernya,” imbaunya.

Mekanisme yang pertama yakni menyiapkan kadernya agar bisa ditemui secara langsung oleh verifikator. Menurutnya, hal itu lebih baik sehingga memudahkan penyelenggara pemilu dan proses lebih cepat.

“Jika prosedur yang pertama tidak bisa dihadirkan, parpol perlu menghadirkan kadernya di kantor partai politik untuk di verifikasi. Namun jika tetap tidak bisa partai politik sebaiknya memastikan kadernya bisa dihubungi melalui video call sehingga identitas yang bersangkutan bisa dicocokan dengan KTA dan KTP atau KK-nya,” katanya.

Lebih lanjut, anggota Bawaslu Kota Semarang, Naya Amin Zaini, mendorong parpol dapat bekerja sama terkait kelengkapan administrasi yang akan dilakukan verifikasi faktual. Hal itu akan memudahkan proses verfak oleh KPU Kota Semarang.

Hery Priyono