blank
TATA SUARA - Erik Abdul Rochim dan Donny Hardono saat setting line tata suara di depan digital mixing system Rivage PM7 milik Yamaha. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Tata suara (Sound System) berkekuatan 180 ribu Watt telah disiapkan untuk mendukung penampilan kelompok musik cadas Slank, Gigi dan Ghea Yoube di Kota Tegal, Sabtu (15/10/2022).

“Kita siapkan untuk sound system depan 150 ribu watt dan 30 ribu watt untuk di panggung, total 180 watt,” kata pemilik PT Don Sistem Suara (DSS), Donny Hardono saat setting line sound system di Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal, Jumat (14/10/2022).

Selain tata suara, penampilan Slank, Gigi dan Ghea Yoube didukung dengan panggung rigging berukuran 16×10 meter dari Mitra Duta Slaras (MDS) Surabaya.

Untuk saat ini DSS Sound yang dikomandoi oleh Donny Hardono merupakan penyedia layanan terbaik dan tidak diragukan lagi dalam hal tata suara dan instrumen musik di negeri ini. Donny Hardono belum lama ini juga telah mendapat penghargaan khusus 25 Tahun Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2022 atas kiprahnya melakukan terobosan selama masa pandemi Covid-19 dengan menciptakan lapangan pekerjaan melalui kegiatan yang inovatif dan kreatif hingga bisa menghadirkan kancah musik yang berkelanjutan.

Erik Abdul Rochim dari Aviskapro selaku Event Organizer (EO) dibawah PT Staticspro Info Media telah berkomitmen penampilan kelompok musik Slank, Gigi dan Ghea Yoube di acara Tegal Festival 2022 Vol 1 tidak terpengaruh dengan ada tidaknya sponsor yang mendukung tetap berjalan.

Kepala Dinas Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal, Irkar Yuswan Apendi menyampaikan, selain penampilan Slank, Gigi dan Ghea Yoube, pihaknya juga telah menyediakan 20 tenda untuk UMKM seperti kuliner, sarung tenun dan batik.

Konser bertajuk Tegal Festival 2022 Vol 1 mematok Harga Tiket Masuk (HTM) sebesar Rp 100 ribu per orang. Menurut rencana acara dimulai pukul 13.00 hingga selesai.

Terpisah Kapolres Tegal, AKBP Rachmad Hidayat mengatakan, untuk mendukung acara tersebut menerjunkan 500 personil untuk keamanan dari berbagai unsur TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Damkar dan BPBD.

Kapolres menegaskan, penonton dilarang membawa senjata tajam dan tidak membawa minuman keras. Pihaknya akan melakukan sweeping untuk memastikan penonton tidak ada yang mabuk maupun dalam pengaruh narkoba.

“Kita ingin masyarakat menikmati musik dengan aman dan tertib. Ini adalah hiburan masyarakat bersama bukan milik sekelompok orang tertentu,” tegas Kapolres.

Sebelumnya konser dilaksanakan pada sesuai rencana pada hari yang sama Sabtu (15/10/2022) pukul 19.30 di Stadion Yos Sudarso Jalan Melati Kota Tegal. Namun, karena sesuatu hal dan demi keamanan, lokasi konser dipindah ke Pantai Alam Indah, dengan perubahan waktu siang hari.

Sutrisno