blank
Aksi bersih saluran air Pura Group bersama warga Desa Jati Wetan dan Jati Kulon. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pura Group bersama warga Desa Jati Wetan dan Jati Kulon, Kecamatan Jati,menggelar bersih-bersih sungai, gorong-gorong hingga saluran air yang ada di wilayah setempat,  Sabtu (15/10). Aksi tersebut dilakukan sebagai antisipasi bencana banjir menyusul tingginya curah air hujan yang mengguyur wilayah Kudus dan sekitarnya.

Direktur HR-GA Pura Group Agung Subani mengatakan upaya pembersihan itu akan dilakukan hingga dua bulan ke depan.

“Kegiatan pembersihan ini sudah dimulai sejak awal Bulan ini dan akan terus dilakukan sebulan hingga dua bulan kedepan,” katanya didampingi Humas Noor Faiz, Sabtu (15/10).

Menurutnya, Desa Jati Wetan dan Jati Kulon selama ini merupakan kawasan yang menjadi langganan banjir. Salah satu penyebab utama terjadinya banjir adalah mampetnya gorong-gorong dan saluran air di wilayah sekitar.

Oleh karenanya, kerja bakti pembersihan saluran air dan gorong-gorong akan menjadi gerakan bersama terutama selama musim hujan ini. “Wilayah Jati Wetan dan Jati Kulon merupakan daerah langganan genangan air. Karena itu, persiapan antisipasi terhadap penanganan harus disiapkan sedemikian rupa,”tandasnya.

Saat ini sejak awal bulan September, rutin setiap hari Sabtu, Pura Group bersama-sama dengan masyarakat Jati Wetan melakukan pembersihan saluran desa di wilayah desa Jati Wetan dan desa Jati Kulon.

Selain itu, kata dia, Pura Group juga sudah menyiapkan satu unit mobil siaga banjir yang siap di terjunkan untuk penanganan kondisi darurat banjir Kendaraaan itu digunakan untuk supply air bersih maupun penyedotan genangan banjir.

“Kami juga menyiagakan mobil Ambulance untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Kami sudah koordinasi dengan desa sekitar, barangkali ada yang membutuhkan ambulance, untuk kondisi darurat maka Kepala Desa bisa koordinasi dengan tim kami di lapangan,” katanya.

Ali Bustomi