Indra keenam sering dikaitkan dengan mistis, termasuk indigo pada anak-anak maupun dewasa. Ada cara mendeskripsikan indra ini secara logika, yaitu berkaitan otak yang dapat memantau dan merasakan perubahan pada lingkungan.

Ada orang terlahir dengan indra keenam. Terkadang ini berkaitan dengan mutasi gen yang membuat fungsi bagian otak lebih kuat. Manusia dapat menggunakan informasi visual dengan tanpa melihatnya.

Jika kita mampu merasakan peristiwa yang akan terjadi, itu karena pikiran manusia  cukup peka. Misalnya, jika Anda bermimpi ada teman kecelakaan, dan sesaat kemudian itu terjadi, bukan berarti Anda bisa melihat masa depan. Bisa jadi karena Anda sering memikirkannya.

Terbukti, ketika yang mengalami kecelakaan itu orang lain yang tidak pernah dipikirkan, Anda tidak mendapatkan infonya. Karena itu, para ilmuwan berusaha mengungkap misteri indra keenam agar dapat dijelaskan secara logika, sehingga ada peneliti yang percaya, indra keenam itu ada walau secara ilmiah belum bisa disimpulkan.

Penjelasan indra keenam berdasarkan penelitian skala kecil masih perlu penelitian lanjutan jika itu dapat memberikan manfaat yang positif. Sebaliknya jika dirasa keberadaannya justru membuat tidak nyaman, ada baiknya konsultasi ke psikolog atau psikiater agar segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Apalagi jika yang dianggap sebagai daya linuwih itu disertai munculnya perilaku baru :  Malas mandi, nyaman pada ruangan  jorok, bau dan berantakan, tidak nyaman berinteraksi dengan orang lain,  perilaku asosial, tidak produktif, bicara kacau, ide-ide tidak lazim, munculnya waham atau keyakinan palsu yang sudah tidak bisa dibelokkan.

Jika gejala itu ada pada  diri seseorang, sebelum terlambat, segera lakukan penanganan medis. Karena ada yang punya keluarga sakit jiwa, namun  itu dianggap ada keterlibatan jin atau dunia gaib.

Masruri, penulis buku, praktisi dan konsultan metafisika tinggal di Sirahan Cluwak Pati