blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Kabupaten Jepara kembali memilih wakil yang akan maju ke Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Jawa Tengah tahun 2022. Setelah kemarin menentukan wakil jenjang SD, Kamis (13/10/2022) ini, giliran ratusan siswa SMP yang berebut 8 tiket melalui FTBI tingkat kabupaten, yang berlangsung di SMP N 2 Jepara. Peserta berasal dari 99 SMP negeri dan swasta se-Kabupaten Jepara.

blank
Kepala Bidang SMP Disdikpora Kabupaten Jepara Ahmad Nurrofiq membuka FTBI jenjang SMP tingkat Kabupaten Jepara

“Sesuai FTBI tingkat provinsi yang akan berlangsung bulan depan, ada 4 mata lomba yang kami langsungkan dalam FTBI tingkat kabupaten ini. Masing-masing akan diambil juara 1 sampai juara 3 dalam kategori putra dan putri. Tapi hanya juara 1 yang akan maju ke tingkat provinsi,” kata Widyaprada Ahli Muda yang juga Subkoordinator Pengendalian Mutu SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Wuriyanto.

blank
Pesertaata Lomba Menulis Geguritan mengikuti pembukaan

FTBI tingkat Provinsi Jawa Tengah akan berlangsung pada 11 sampai dengan 13 November 2022 di Bandungan, Semarang. Mata lomba yang digelar, Kata Wuriyanto, terdiri dari nembang macapat, membaca aksara Jawa, menulis geguritan, dan berpidato.

Kepala Bidang SMP Ahmad Nurrofiq saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya ingin mendapat wakil terbaik yang diharapkan bisa membawa nama baik Jepara pada FTBI tingkat provinsi. Dewan juri yang dihadirkan berasal dari unsur akademisi, seniman, dan budayawan.

blank
Dewan juri dalam persiapan penjurian

“FTBI ini adalah upaya untuk menggencarkan revitalisasi bahasa daerah yang menyasar generasi muda,” katanya.

Festival ini, kata Ahmad Nurrofiq, juga merupakan media apresiasi kepada para peserta program revitalisasi yang dilakukan secara berjenjang.

Hadepe