blank
Para personel TRC dari BPBD Kabupaten Wonogiri bersama relawan, pamong desa dan masyarakat, melakukan penanganan pemulihan secara darurat di lokasi bencana.(Dok.BPBD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sejumlah pohon turus (peneduh) jalan dan rumpun bambu, tumbang dan melorot ke badan jalan. Menyebabkan arus kendaraan lintas provinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim) menjadi terhalang.

Lokasinya di Kilometer 12 Wonogiri-Ponorogo, tepatnya di Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Warga setempat, menyatakan, kejadiannya berlangsung bersamaan dengan datangnya angin kencang disertai hujan lebat.

Kejadiannya berlangsung Selasa malam (11/10), pohon turus jalan dan rumpun bambu yang tumbuh di lereng tebing melorot ke badan jalan. Itu berlangsung bersamaan dengan turunnya hujan lebat dan datangnya angin kencang yang membuat warga pada panik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Rabu (12/1), menyatakan, untuk melakukan pemulihan secara darurat telah diterjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dari BPBD Kabupaten Wonogiri.

Telkom dan Listrik
 
Mobilitas kendaraan menjadi terhambat oleh kondisi batang pohon beserta dahan dan rantingnya serta rumpun bambu yang menghalangi jalan. Juga menimpa jaringan kabel telkom dan jaringan listrik.

”Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa maupun luka,” tegas Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto. Dalam melakukan penanganan di lokasi bencana, TRC dari BPBD Kabupaten Wonogiri mendapatkan bantuan para relawan dari TRC Kecamatan Sidoharjo Wonogiri, pamong desa dan warga masyarakat sekitar.

Bersamaan itu, pihak BPBD Kabupaten Wonogiri, juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Pengelola Jalan Bina Marga Provinsi Jateng, PLN Wonogiri dan Telkom. Tujuannya untuk bersama-sama peduli melakukan tindak pemulihan secara darurat. Karena ada tiang listrik dan tiang telepon yang ambruk ke jalan.

”Kami mengharapkan kepada pihak Balai Pengelola Jalan Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, untuk tanggap terhadap ancaman pohon turus jalan yang berpotensi rawan tumbang menghalani jalan.

Bambang Pur