blank
Ketua umum Pertina Jawa Tengah, Kairul Anwar SH MH merasa senang, babak Pra Porprov Jateng 2023, yang juga dijadikan ajang Kejuaraan Tinju Piala Bupati Sukoharjo itu, bisa berlangsung sukses.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID)– Ketua umum Pertina Jawa Tengah, Kairul Anwar SH MH merasa senang, babak Pra Porprov Jateng 2023, yang juga dijadikan ajang Kejuaraan Tinju Piala Bupati Sukoharjo itu, bisa berlangsung sukses. Dalam kejuaraan yang digelar di Alun-alun Setya Negara, Kabupaten Sukoharjo, itu, muncul petinju-petinju muda potensial.

”Kami senang, dua tahun pandemi ternyata tidak mengurangi upaya Pengkab dan Pengkot Pertina se-Jateng, untuk tetap melakukan pembinaan secara intensif,” kata Kairul, di sela-sela partai final, yang berlangsung Sabtu (8/10/2022).

Menurut dia, hal itu dibuktikan dengan banyaknya peserta di kejuaraan ini. Dalam Pra Porprov Jateng 2023 ini, peserta mencapai 164 petinju. Ini menjadi bukti, meski pandemi dua tahun, tetapi daerah tetap mampu melakukan pembinaan.

BACA JUGA: MesaStila 100 2022 Run & Ultra Trail, Taufik Hidayat Juara Kategori 75 Km

”Bukan hanya itu, banyak pula muncul petinju-petinju muda, yang mampu bersaing di tinju elit, bahkan mampu juara. Sumbangan PPLOP Jateng juga memberikan banyak sumbangan, untuk memunculkan petinju-petinju muda,” imbuhnya.

Kairul juga memberikan apresiasinya terhadap pembinaan di sektor putri, yang dianggap sangat luar biasa. ”Ada 42 petinju putri yang ikut tampil di sini. Empat di antaranya masih berusia sangat muda. Ini luar biasa bagi saya,” pujinya.

Diharapkan dia, dengan waktu yang masih sekitar 11 bulan ini, ada peningkatan skill dan mental dari para petinju. Sehingga secara keseluruhan, nantinya ada peningkatan dan persaingan di Porprov nanti.

BACA JUGA: Kwarcab Jepara Gelar Lomba LT III, Cetak Pribadi Mandiri dan Berkarakter

”Kami ingin nantinya petinju-petinju Jawa Tengah makin berkualitas, hingga peluang kita di babak kualifikasi PON XXI bisa lebih terbuka lebar,” harap dia.

Sementara itu, Kota Semarang tampil sebagai Juara Umum Babak Kualifikasi Cabor tinju Porprov Jateng 2023, yang berakhir Sabtu (8/10/2022). Kota Semarang menyalip tuan rumah Sukoharjo di saat-saat terakhir.

Petinju Kota Semarang terakhir yang naik ring di final adalah, Lalu Adi Kurniawan, di kelas 75-80 kg. Menghadapi Dimas Indra Wibowo dari Kota Pekalongan, Lalu menang RSC ronde 1 atas Dimas.

BACA JUGA: Ngepit Bareng Tentara, Penjual Nasi Kucing dapat Mobil

Dengan tambahan satu emas, Kota Semarang total meraih tiga medali emas, dua perak dan tiga perunggu. Kontingen Kota Atlas ini unggul satu emas dari tuan rumah.

Kabupaten Sukoharjo cukup terhibur, usai salah satu petinjunya dinobatkan sebagai petinju putra terbaik. Dia adalah Musa Cahyadi.

Sedangkan petinju putri terbaik disabet petinju Kota Magelang, Silvania Putri Ayu Nurrohman. Dan untuk Petinju favorit, disabet petinju muda Demak, Isnan Virgian Nurarvi Fatkhur.

Riyan