blank
GOL - Maradona mencetak gol dengan tangan yang disebutnya gol tangan Tuhan. (foto: realbuzz.com)

Penasaran seperti apa 20 momen Piala Dunia teratas? Lihat daftar beberapa hal paling berkesan yang terjadi dalam sejarah panjang Piala Dunia FIFA.

Piala Dunia FIFA memunculkan gambar dan kenangan yang telah tinggal bersama kita seumur hidup – asalkan Anda cukup umur untuk mengingatnya sejak awal, tentu saja! Entah itu gol yang menakjubkan, selebrasi yang sama briliannya, momen yang sangat jenius, atau bahkan momen yang gila, Piala Dunia FIFA tidak pernah gagal memberikan banyak hiburan, dan setiap penampilan turnamen selalu ditunggu-tunggu di seluruh dunia, sebagaimana dikutip dari realbuzz.com.

  1. ‘Gol Piala Dunia Terbaik’ Diego Maradona Vs Inggris, 1986

Tidak lama setelah penipu kecil yang terkenal (atau pahlawan, tergantung pada sudut pandang Anda) telah meninju timnya di depan dengan gol ‘Tangan Tuhan’, Maradona kemudian mencetak salah satu gol terbesar yang pernah dilihat di panggung dunia. Mengambil bola di lapangan tengah sendiri, Maradona melewati setiap pemain yang menghalangi jalannya sebelum memasukkannya melewati Peter Shilton yang tak berdaya. Cukup brilian.

2. Gordon Banks ‘Save Of The Century’ Dari Pelé, 1970

Di babak penyisihan grup Piala Dunia 1970, juara bertahan Inggris melawan Brasil yang akhirnya menjadi pemenang dalam pertandingan di mana kiper Gordon Banks melakukan penyelamatan dari Pelé. Sundulan legenda Brasil tampaknya ditakdirkan untuk bagian belakang jaring sampai Banks, melompat ke kanan, menghasilkan penyelamatan yang ajaib. Tidak ada penyelamatan yang pernah dirayakan di Inggris, dan penyelaman Banks secara teratur disebut sebagai ‘penyelamatan abad ini’. Inggris kalah 1-0 dalam pertandingan tersebut.

3. ‘Serangan’ Harald Schumacher Pada Pemain Prancis, 1982

Tidak pernah ada tantangan yang lebih brutal namun tanpa hukuman dalam sejarah Piala Dunia selain yang satu ini.

Dengan skor imbang 1-1, pemain pengganti Prancis Patrick Battiston mampu mencetak gol ketika kiper Jerman Harald Schumacher melakukan tekel keras. Gelandang Prancis itu pingsan dan dibawa dengan tandu, tetapi luar biasa Schumacher lolos tanpa hukuman – dan wasit bahkan memberikan tendangan gawang! Jerman kemudian melanjutkan untuk memenangkan adu penalti akhirnya.

4. Perayaan Gol Marco Tardelli Di Final, 1982

Jika Anda hanya membutuhkan satu pengingat tentang bagaimana sepak bola dapat membangkitkan emosi, maka lihatlah ini. Setelah membuat timnya unggul 2-0 di final Piala Dunia melawan Jerman Barat, gelandang Italia Marco Tardelli melakukan selebrasi gol yang berbeda dari yang lain. Berlari menuju bangku, dia menjadi benar-benar kewalahan – berteriak dan menangis saat dia berterima kasih kepada langit atas golnya. Dan Jerman hanya mencetak satu gol: mereka kalah 3-1 dan Italia menjadi Juara Dunia.

5. ‘Tangan Tuhan’ Diego Maradona, 1986

Dalam pertemuan antara Argentina dan Inggris ini, sebuah intersepsi yang buruk memainkan bola yang menarik ke udara antara kiper Inggris Peter Shilton dan jenius Argentina Maradona. Maradona menguasai bola terlebih dahulu, dan menggunakan tangannya – bukan kepalanya – untuk meninju bola ke gawang. Meski ada protes dari para pemain Inggris, wasit tidak melihat insiden itu dan gol tetap berlaku. Maradona kemudian mencetak gol ajaibnya, dan Argentina terus melaju untuk memenangkan final melawan Jerman Barat.

6. Gol Ajaib Archie Gemmill Vs Belanda, 1978

Archie Gemmill mencetak salah satu gol terbesar Piala Dunia saat Skotlandia sekali lagi gagal melewati babak pertama! Perlu mengalahkan Belanda dan merek ‘total football’ mereka dengan tiga gol, Gemmill melenggang melewati tiga bek sebelum memasukkan bola ke gawang dengan penyelesaian yang menakjubkan untuk menjadikannya 3-1. Belanda memperkecil skor menjadi 3-2 dan Skotlandia sekali lagi tersingkir lebih awal. Belanda akhirnya dikalahkan oleh Argentina di final.

7. Kuwait Keluar Setelah Gol, 1982

Dalam salah satu insiden paling aneh dalam sejarah Piala Dunia, Prancis memimpin 3-1 melawan Kuwait ketika mereka mencetak gol lagi ketika para pemain bertahan Kuwait – mengira mereka telah mendengar peluit – tetap terpaku di tempat. Presiden FA Kuwait, Pangeran Fahid, mengatakan kepada para pemainnya untuk pergi sebagai protes, dan wasit dengan bodohnya menganulir gol tersebut – sehingga memungkinkan pertandingan berlanjut. Prancis akhirnya menang 4-1.

8. Air Mata Gaza, 1990

Salah satu gambar abadi Piala Dunia 1990 di Italia adalah ketika air mata mengalir dari pemain Inggris Paul Gascoigne selama pertandingan semifinal dengan Jerman Barat. Sebuah kartu kuning yang keras berarti bahwa Gazza akan melewatkan final jika Inggris lolos – yang membawanya untuk menyalakan saluran air. Namun, pada akhirnya, itu tidak masalah, karena Jerman Barat sekali lagi menang dalam adu penalti.

9. Gol dan Perayaan Roger Milla Vs Kolombia, 1990

Kiper Kolombia Rene Higuta, yang menganggap dirinya sebagai pemain outfield, terperangkap dalam penguasaan bola saat mencoba menggiring bola melewati pemain Kamerun Roger Milla. Striker tua – yang keluar dari masa pensiun untuk bermain di turnamen pada usia 38 – segera memasukkan bola ke gawang yang kosong sebelum menuju ke bendera sudut, di mana ia melakukan tarian goyangan yang mengesankan.

10. Pertunjukan Bintang Lima Oleg Salenko, 1994

Tidak banyak orang di luar negara asalnya, Rusia, yang pernah mendengar tentang striker ini, apalagi mengharapkannya untuk mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Bermain melawan paket kejutan tahun 1990, Kamerun, Salenko melakukan kerusuhan untuk menjarah gol terbanyak oleh individu mana pun dalam pertandingan turnamen Piala Dunia saat timnya menang meyakinkan 6-1. Meskipun menang, Rusia tersingkir pada tahap pertama – meskipun Salenko berbagi penghargaan Sepatu Emas untuk pencetak gol terbanyak turnamen dengan Hristo Stoichkov dari Bulgaria.

11. Kelahiran ‘The Beautiful Game’, 1970

Setiap pelatih yang menghargai diri sendiri akan mengeluarkan video ini untuk menunjukkan kepada timnya bagaimana mencetak gol seharusnya dilakukan. Orang-orang Brasil itu bermain-main dengan lawan Italia mereka pada saat ini dalam pertandingan, dan mengukir gol tim yang hebat – yang melibatkan kerja bagus oleh Pelé dan Jairzhino dan diakhiri dengan penyelesaian yang bagus oleh Carlos Alberto. Gol tersebut membuat skor menjadi 4-1 untuk Brasil, dan merupakan lapisan gula pada kue kemenangan final Piala Dunia mereka. Hanya sedikit yang akan membantah fakta bahwa tim Brasil ini adalah kumpulan pemain terbaik yang pernah menghiasi final Piala Dunia.

12. Gol Tendangan Gunting Manuel Negrete Vs Bulgaria, 1986

Ini adalah tujuan impian setiap anak sekolah. Bola dijatuhkan dengan mengundang untuk striker Meksiko, yang melakukan tendangan voli akrobatik dan dieksekusi dengan baik dari luar area penalti untuk membawa timnya menang 1-0 melawan Bulgaria. Itu adalah salah satu gol yang bisa dicoba oleh seorang striker seratus kali lagi dan mungkin tidak pernah memukul bola dengan manis atau mendapatkannya dari jarak jauh di dekat target!

13. Kamerun Kalahkan Juara Bertahan Argentina, 1990

Kamerun mengakhiri pertandingan ini dengan keunggulan 1-0 dengan sembilan pemain setelah entah bagaimana berhasil menahan juara bertahan Argentina – sehingga menghasilkan salah satu kejutan terbesar di Piala Dunia 1990. Orang-orang Argentina itu berada di ujung yang salah dari beberapa perlakuan kasar yang diberikan oleh para pemain Kamerun – salah satu momen yang menonjol adalah Claudio Caniggia secara ajaib berlari melewati beberapa tantangan sebelum akhirnya dihadang oleh yang terakhir!

14. Wasit Clive Thomas Meniup Peluit Terakhir Sebagai ‘Skor’ Brasil, 1978

Wasit Welsh Clive Thomas menghasilkan salah satu momen paling gila dalam sejarah Piala Dunia ketika ia menggagalkan gol Brasil tepat saat kematian melawan Swedia. Dengan skor imbang 1-1, tim Brasil itu melayangkan tendangan sudut di penghujung pertandingan, yang disundul oleh Zico. Namun, ofisial pertandingan menganulir ‘gol’ tersebut, setelah meniup peluit untuk waktu penuh saat bola berada di udara.

15. ‘Cruyff Turn’ Memulai Debutnya, 1974

Tidak banyak pesepakbola yang berhasil memiliki keterampilan yang dinamai menurut namanya – tetapi kemudian ini dari master Belanda Johan Cruyff. Salah satu keterampilan sepak bola yang paling terkenal tampil perdana dalam pertandingan antara Belanda dan Swedia di Piala Dunia 1974. Cruyff tampaknya memiliki pilihan yang sangat sedikit dengan membelakangi gawang dan ditandai dengan ketat oleh bek Swedia, tetapi terkenal bergoyang satu arah, menjentikkan bola kembali di antara kedua kakinya dan meninggalkan bek di belakangnya.

16. Mwepa ‘Gives It The Boot’, 1974

Salah satu momen terlucu dalam sejarah Piala Dunia terjadi pada pertandingan babak pertama pada tahun 1974. Brasil telah diberikan tendangan bebas dan bersiap untuk mengambilnya ketika pemain Zaire, Mwepa, menerobos tembok pertahanan, berlari ke depan dan secara ngawur menendang bola, sebelum pemain Brasil melakukan tendangan. Apa yang Mwepa pikir dia lakukan adalah di luar dugaan siapa pun!

17. Senegal Kesal Dengan Peluang Kalahkan Prancis, 2002

Juara dunia dan Eropa Prancis adalah favorit besar untuk meraih poin melawan pendatang baru Senegal, yang melakukan debut Piala Dunia mereka di pertandingan pembukaan turnamen Korea/Jepang. Tapi Les Bleus jauh dari kecepatan dan mengalami kekalahan mengejutkan 1-0. Prancis tersingkir di babak pertama setelah penampilan buruk di dua pertandingan lainnya – tidak mencetak gol dan hanya satu poin di seluruh turnamen.

18. Brasil Vs Swedia, 1958

Pele menjadi pemain termuda yang berpartisipasi dalam piala dunia, mengalahkan Swedia 5-2. Dia tampaknya tidak pernah seharusnya berhasil masuk ke lapangan, tetapi sesama pemain berhasil meyakinkan pelatih mereka. Tidak ada penyesalan karena ia berhasil mencetak gol di semua pertandingan berikutnya di piala dunia itu.

19. Pengkhianatan Rekan Tim, 2006

Pada pertandingan Inggris vs Portugal tahun 2006, striker Inggris Wayne Rooney mendapat kartu merah. Dia dikeluarkan dari lapangan karena ‘tidak sengaja’ menginjak area pribadi pemain Portugal. Tindakan itu sendiri cukup mengejutkan, tetapi intervensi Ronaldo yang mengamankan kartu merah memicu kemarahan di antara para penggemar Inggris, dan bahkan membuat Rooney marah. Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, Cristiano tertangkap mengedipkan mata saat Rooney melenggang keluar lapangan.

20. Tandukan Zinedine atas Materazzi, 2006

Zinedine Zidane, salah satu pesepakbola veteran paling terkenal di dunia, dikeluarkan dari lapangan saat final Piala Dunia Prancis vs Italia, karena menanduk pemain rival Materazzi. Kata-kata dipertukarkan saat mereka berjalan di atas lapangan, kata-kata yang tampaknya tidak disetujui oleh Zidane dengan Materazzi, dan mulai menanduknya di dada. Dia langsung dikeluarkan dari lapangan dalam pertandingan internasional terakhirnya. Sayangnya Prancis kalah dalam adu penalti.

Nur Muktiadi