blank
  • Kalinyamatan Raih 2 Juara 1 Lomba Literasi

JEPARA(SUARABARU.ID)-Guru dan seluruh tenaga pendidikan di Jepara diminta terus menggalakkan gerakan literasi di lingkungan sekolah masing-masing. Mereka juga diminta memahami secara utuh konsep literasi agar tak terjadi miskonsepsi, yang terbukti menjadi penyebab rendahnya nilai literasi.
Dorongan tersebut disampaikan Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Edy Utoyo saat membuka lomba literasi jenjang SD tingkat Kabupaten Jepara yang berlangsung Rabu (5/10/2022) di SDN 1 – 2 Mulyoharjo Jepara.
“Aktivitas literasi dipahami sebatas peningkatan kemampuan membaca. Padahal literasi berkaitan dengan kompetensi berpikir dan memproses informasi. Karena itu, gerakan literasi yang terkait dengan banyak kehidupan amat perlu digalakkan,” kata Edy Utoyo di depan para guru dan pendamping siswa peserta lomba literasi.
Lomba literasi ini pun, kata dia, diarahkan untuk mengembangkan potensi prestasi peserta didik di berbagai lini secara optimal. Pihaknya ingin di Jepara terbentuk ekosistem pembangunan sumber daya manusia unggul melalui lomba-lomba seperti ini.

blank
Kabid SD Disdikpora Kabupaten Jepara Edy Utoyo

Lomba literasi ini, kata Edy Utoyo, diikuti perwakilan kecamatan yang sebelumnya telah menang dalam seleksi di kecamatan masing-masing. Terdapat 5 lomba cabang lomba yang digelar, yaitu lomba baca puisi, pidato bahasa Indonesia, mendongeng, cipta pantun, dan menulis cerpen.
Subkoordinator Pengendalian Mutu SD Disdikpora Kabupaten Jepara Nurul Afifah menambahkan, masing-masing cabang lomba diambil 3 pemenang.
“Putra dan putri digabung,” katanya.
Pada lomba baca puisi, juara 1 dimenangkan oleh peserta dari SD IT Sultan Agung 5 Kalinyamatan. Juara 2 SDN 1 Srobyong dan juara 3 SDN 1 Platar.
Wakil SD IT Sultan Agung 5 Kalinyamatan juga menjadi juara 1 lomba cipta pantun, diikuti SDN 2 Bangsri dan SDN 1 Bugel. Duangelar juara 1 sekaligus mengantarkan Satkordikcam Kalinyamatan menjadi yang terbaik.
Juara 1 pidato bahasa Indonesia, dimenangkan SDN 1 Mulyoharjo diikuti SD N 1 Srobyong dan SD N 6 Bangsri. Selanjutnya pemenang lomba mendongeng juara 1 sampai 3 diraih oleh SDN 4 Sekuro, SDN 1 Panggang, dan SD.N 2 Kecapi. Sedangkan juara 1 sampai 3 menulis pantun adalah SDM 3 Bawu, SDN 2 Kuanyar, dan SDN 2 Bandungharjo.

Hadepe