blank
Tim SAR gabungan tengah melakukan pencarian korban, Suryat (75) yang hanyut terbawa arus saat mencari ikan di Sungai Bukur, Kabupaten Pekalongan. Foto: Dok/SAR

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim SAR gabungan hingga kini tengah melakukan pencarian terhadap korban, Suryat (75) yang dilaporkan hanyut terbawa arus di Sungai Bukur Kabupaten Pekalongan pada Sabtu (1/10/2022).

Korban merupakan warga Desa Kwaringan Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan.

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto mengungkapkan, saat kejadian pada Sabtu (1/10) sekitar pukul 16.00 WIB korban sedang mencari ikan bersama rekan-rekannya di pintu air Sungai Bukur. Dan hingga sore hari korban tidak kunjung pulang.

Berdasarkan informasi, korban mencari ikan menggunakan jaring (seser kecil). Kebetulan saat itu di lokasi kejadian ada acara tahunan “Buka Bendungan Gembiro” yang ikannya melimpah. “Tidak ada saksi yang melihat langsung saat korban terseret arus, namun terakhir korban berada di bawah Sungai Bukur,” ungkapnya.

Dalam pencarian sendiri tim SAR gabungan dibagi menjadi 2 Searcah Rescue Unit (SRU), yang mana SRU 1 mencari di beberapa titik bendungan, pusaran aliran sungai yang dicurigai, dan SRU 2 melakukan penyisiran dengan perahu karet ke arah utara dari titik TKP kurang lebih 4 kilometer

“Saat ini kondisi kedalaman Bendungan Bukur 1,5 meter dan lebar mencapai 20 meter. Bendungan Bukur hilir mengalir ke Sungai Sragi Kabupaten Pekalongan,” terang Heru.

Heru berharap tim SAR gabungan diberi kemudahan dalam melakukan pencarian agar korban cepat ditemukan.

Ning Suparningsih