blank
Gelar upacara dilaksanakan di halaman TMP Kusuma Bangsa Mojoroto, Wonoboyo, Wonogiri. Ini untuk mengawali acara ziarah nasional dalam menyambut HUT Ke-77 TNI.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), jajaran Prajurit TNI Kodim 0728/Wonogiri Selasa (4/10), melaksanakan ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa.

Lokasi TMP Kusuma Bangsa berada di sisi timur aliran Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa. Tepatnya di Lingkungan Mojoroto, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Ziarah nasional ini dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto. Ikut serta dalam acara ini, para Danramil dan Perwira Staf beserta anggota, PNS Kodim 0728/Wonogiri, Minvetcad IV/34 serta Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLIX Dim Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, rangkaian kegiatan diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga.

Kemudian dirangkai dengan tabur bunga di atas pusara makam, diawali oleh Dandim dan dilanjutkan oleh seluruh peserta ziarah.

Jasa Pahlawan
 
Dandim, mengatakan, ziarah yang dilaksanakan ini, selain sebagai bagian dari perayaan HUT Ke 77 TNI, juga untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan pejuang bangsa, dan mendoakan mereka yang telah gugur bagi kemerdekaan negara Indonesia.

Makna dan pesan yang terkandung dari kegiatan ini, agar para generasi penerus bisa meneladani perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, guna mewujudkan Indonesia yang jaya dan sejahtera.

Dikatakan oleh Dandim, perjuangan dan pengorbanan para pejuang, tidak sebanding dengan apapun. Mengenang perjuangan mereka, adalah kehormatan yang harus dipertahankan demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Kita sebagai generasi penerus, harus bisa meneladani pengorbanan dan meneruskan perjuangan para pahlawan, dalam mengisi kemerdekaan,” tandas Dandim.

Bambang Pur