Operasi Zebra Candi 2022 digelar mulai Tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober 2022 mendatang. Diawali dengan gelar pasukan dan penyematan atribut kepada perwakilan pertugas.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Patroli dan dikmas (Pendidikan Masyarakat) tentang lalu lintas (Lantas) di Wonogiri perlu ditingkatkan, untuk menekan terjadinya kecelakaan. Apalagi, angka kecelakaan di Wonogiri masih cukup tinggi.

Dikmas Lantas adalah segala kegiatan yang meliputi semua usaha untuk menumbuhkan pengertian, dukungan serta keikutsertaan masyarakat, agar aktif dalam upaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamtibcarlantas).

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, Senin (3/10), menyatakan, mengenai perlunya peningkatan patroli dan Dikmas Lantas tersebut, mengemuka dalam forum rapat yang digelar di Aula Sanika Satyawada Polres Wonogiri.

Rapat digelar berkaitan dengan pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022, yang secara serentak dilaksanakan mulai Tanggal 3 sampai dengan Tanggal 16 Oktober 2022 mendatang.

Pelanggaran

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, Wakapolres Kompol Anggara Rustamyono, Kabag Ops AKP Dr Dwi Krisyanto, Kasat Lantas AKP Maryono, Kasat Intelkam AKP Sunardi.

Juga Kasubbag Dalops BagOps AKP Eko Sudarmoko, Kasi Propam Iptu Parji, Ka SPKT IPTU Pudiyono, KBO Satlantas Iptu Sutarto bersama para Pama dan Anggota yang terlibat Ops Zebra Candi 2022.

Upaya menurunkan pelanggaran dan kecelakaan, perlu dilakukan demi mewujudkan terciptanya Kamseltibcarlantas yang kondusif menjelang hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Melalui operasi, diharapkan dapat menurunkan jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta angka fatalitas. Di sisi lain, dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas. Apalagi kasus korban meninggal, cenderung belum menguasai aturan lalulintas serta perilaku mengemudi dengan kecepatan tinggi.

Bambang Pur