blank
Pemain PSIW Wonosobo tertunduk lesu akibat laga Caonterpain Liga 3 Jateng ditunda. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Sebagai buntut peristiwa atau tragedi suporter sepakbola di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur, maka laga lanjutan penyisihan Grup F Counterpain Liga 3 Jateng, antara PSIW Wonosobo versus Persibas Banyumas, ditunda.

Bigmatch tersebut rencananya digelar Minggu (2/10/2022), sore tadi di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara. Penundaan dilakukan hingga satu minggu ke depan sambil menunggu jadwal baru dari Asprov PSSI Jateng.

Kepastian penundaan laga yang siap digelar jam 15.00 WIB itu, berdasarkan surat pemberitahuan dari Asprov Jateng No : 436/PSSI-JTG/X/2022, dibacakan Ketua Panpel Askab PSSI Wonosobo, Sunyono didampingi Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto, SIK MH.

“Berdasarkan surat dari Asprov PSSI Jateng, perihal arahan Presiden RI atas kejadian tragedi sepakbola di Stadion Kanjuruhan Malang Jatim dan emergency meeting Komisi Eksekutif Asprov PSSI, maka semua laga Counterpain Liga 3 Jateng hari ini ditunda,” katanya.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto, SIK MSi memahami kebijakan tersebut demi situasi daerah yang lebih kondusif dan bentuk solidaritas atas peristiwa yang menimpa sejumlah suporter usai laga Liga 1 BRI antara Arema Malang dan Persibaya Surabaya.

Suporter Pulang

blank
Ketua Panpel Counterpain Liga Jateng PSIW Wonosobo Sunyono ketika mengumumkan penundaan pertandingan. Foto : SB/Muharno Zarka

“Meski akhirnya ditunda, pada prinsipnya aparat kepolisian dari Polres Banjarnegara sudah siap mengamankan pertandingan antara Persibas dan PSIW. Suporter dari dua tim yang sudah berkumpul di luar stadion saya minta pulang dengan tertib ke daerah masing-masing,” tegasnya.

Manager Tim PSIW Sukamto AS pun juga menerima keputusan dari Asprov PSSI Jateng. Meski sebelumnya, Panpel PSIW yang menggelar pertandingan home, sudah siap menggelar laga, baik dari sisi tehnis dan pengamanan sepanjang pertandingan.

“Kami tentu kecewa tapi juga bisa memahami dan menerima keputusan penundaan pertandingan. Sebagai tuan rumah, panpel PSIW telah mempersiapkan segala sesuatunya. Laga tinggal kick off, tapi gagal digelar karena ada penundaan,” katanya.

Senada, Head Coach Persibas Banyumas Ispriyanto menyebut kejadian di Stadion Kanjuruhan Malang merupakan peristiwa luar biasa dan di luar dugaan. Karena itu, penundaan pertandingan antara PSIW-Persibas sebagai bentuk empati dan solidaritas di dunia sepakbola.

“Sepakbola itu menyangkut banyak pihak. Yakni pelaksana pertandingan, pemain, pelatih, official, aparat keamanan dan suporter. Semua pihak harus membangun sportifitas agar perhelatan sepakbola berjalan aman dan kondusif,” tandasnya.

Muharno Zarka