blank
Personel TNI dari Koramil-21 Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri, tampil menjadi instruktur dalam LDK yang diikuti sebanyak 354 siswa SMK Negeri 1 Bulukerto.(Dok. Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), para siswa SMK Negeri 1 Bulukerto, Wonogiri, menyertakan materi outbound. Personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Koramil-21/Bulukerto Kodim 0728/Wonogiri, tampil menjadi instruktur.

Materi outbond bertujuan melatih siswa mampu berkomunikasi efektif (effective communication), pengembangan tim (team building), pemecahan masalah (problem solving). Juga untuk membangun kepercayaan diri (self confidence) dan jiwa kepemimpinan (leadership), melatih kerjasama, konsentrasi/fokus (concentration), dan kejujuran/sportivitas.

Outbound adalah bentuk pembelajaran yang menyajikan materi permainan yang menggabungkan antara kemampuan fisik, kecerdasan, serta kekuatan mental.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, para siswa juga diberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), pemahaman pengamalan Pancasila dan Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Pelatihan LDK diberikan oleh Anggota Koramil-21/Bulukerto Pelda Budi bersama Babinsa Serma Suparno, Sertu Heri, Koptu Edi dan Kopda Teguh. Melibatkan Guru Pendamping Giyarno, Pindi, Tri Mukyadi dan Tyas.

LDK di SMK Negeri 1 Bulukerto, Wonogiri, ini diikuti sebanyak 354 pelajar. Pelda Budi, menyebutkan, pemberian materi Wasbang dan Bela Negara, bertujuan untuk membentuk dan menumbuhkan kecintaan kepada Tanah Air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Materi PBB, tujuannya untuk membangun sikap jasmani yang tegap dan tangkas, menumbuhkan rasa persatuan dan disiplin serta menanamkan rasa tanggung jawab.

Bambang Pur