blank
Acara dibuka oleh Uher, Direktur Pondok Pesantren Asy Syifa' Muhammadiyah Blimbingrejo (Foto: Arkansa)

KUDUS (SUARABARU.ID) – PondoK Pesantren Asy Syifa’ Muhammadiyah Blimbingrejo menyelenggarakan Mukhoyamah Pandu Hizbul Wathan Senin-Selasa (26-27 / 9-2022). Acara yang diagendakan tahunan ini sudah kali kedua diadakan yang sebelumnya bertempat di Kajar Park. Acara mukhoyamah kali ini bertajuk “Menghantarkan Santri Shalih dan Smart.”

Peserta Mukhoyamah sendiri adalah santri Pondok Pesantren Modern Asy Syifa’ Muhammadiyah Blimbingrejo yang terdiri dari SMP Putra 5 kelas, SMP Putri 2 kelas, dan SMA Putra 2 kelas dengan total peserta sejumlah 145 santri serta 35 Dewan Guru dan karyawan. Acara dibuka oleh Uher, Direktur Pondok sebagai Pembina Apel di mana beliau menyampai tiga point penting bagi seluruh santri peserta mukhoyamah.

“Pertama yang kalian ingat adalah ibadah dimanapun berada, kedua santri Asy Syifa’ harus senantiasa menjaga akhlaq mulia, dan yang ketiga yaitu disiplin.”terang Uher saat memberikan pesan dalam apel pembukaan.

blank
Peserta Mukhoyamah sendiri adalah santri Pondok Pesantren Modern Asy Syifa’ Muhammadiyah Blimbingrejo (Foto: Arkansa)

Rangkaian acara demi acara berjalan dengan baik dan lancar. Setelah apel pembukaan dilanjutkan dengan mencari jejak. Kegiatan mencari jejak terdapat 5 pos yang tersebar di berbagai tempat. “Pos pertama berupa PBB (Praktek Baris Berbaris), Pos kedua berupa pesan berantai di mana santri memilih salah satu dari dua pesan berantai (aksi atau narasi), sedangkan pos ketiga berupa sambung ayat, pos keempat berupa ketangkasan, dan pos kelima prakter membuat dragbar.”ujar Ustadz Agung sebagai koordinator acara.

Malamnya acara dilanjutkan dengan pentas seni dari masing² kelas dengan pesona jilatan api unggun yang menyala. Tampak sorak sorai dari seluruh penonton saat satu persatu tampil, terlebih penampilan kelas 9 yang membawakan lagu berpantun. Sedangkan penampilan kelas 10 juga tak mau kalah dengan dominasi santri bernama Salman saat tampil di depan teman²nya membawakan dendangan lagu dengan penuh percaya diri.

Keesokan harinya diawali tentu dengan qiyamullail jam 03.00, salat Subuh, senam, MCK, out bond, kemas-kemas tenda, berenang, dan pulang.

Hadepe – Arkansa