blank
Usai melakukan evakuasi, tim SAR gabungan membawa jenazah korban tenggelam di Laut Karangkandri untuk diserahkan ke keluarga korban. Foto: Dok/SAR

CILACAP (SUARABARU.ID) – Tim SAR gabungan berhasil menemukan nelayan yang tenggelam di laut Karangkandri Kabupaten Cilacap. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pukul 16.00 WIB, Minggu (25/9/2022).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa menyampaikan, korban, Markan (25), nelayan warga Desa Tegal Kamulyan Kecamatan Cilacap Selatan ditemukan oleh tim SAR Gabungan dalam keadaan mengapung di sekitar lokasi kejadian.

“Korban ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal, mengapung di sekitaran lokasi kejadian,” kata Adah.

Dalam pencarian sendiri, tim SAR gabungan dibagi menjadi 3 Search Rescue Unit (SRU). Dimana SRU 1 melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan rubber boat seluas 2 Nautical Mail (NM) ke arah barat dari lokasi kejadian.

“SRU 2 melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) seluas 2 NM ke arah timur dari lokasi kejadian. Dan SRU 3 melakukan penyisiran darat sejauh 1,5 kilometer ke arah barat dari lokasi kejadian,” ungkap Adah.

Setelah dilakukan evakuasi, korban langsung dibawa ke rumah duka (diserahkan kepada keluarga korban).

Sebelumnya diberitakan, seorang nelayan tenggelam saat mencari benur di Laut Karangkandri bersama rekannya.
Korban, Markan (25) diduga terjatuh dari jukung katir dan tenggelam pada Sabtu (24/9/2022) sekitar pukul 04.30 WIB.

Berdasarkan laporan dari rekan korban, sekitar pukul 02.25 WIB korban berangkat mencari benur di Laut Karangkandri.

Kemudian sekitar pukul 04.30 WIB, rekan korban melihat jukung dan peralatan serta genset milik korban dalam keadaan hidup, namun korban tidak ada di atas perahu.

Setelah mendapat informasi, Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap langsung memberangkatkan satu tim rescuer ke lokasi kejadian sekitar pukul 08.45 WIB untuk melakukan pencarian.

Ning Suparningsih