blank
Bupati Kudus HM Hartopo bersama Ketua DPRD Masan saat menabur bunga di pusara makam Bupati Kudus terdahulu. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kudus yang ke-473, Bupati Kudus H.M. Hartopo bersama jajaran unsur Forkopimda Kudus didampingi Kepala OPD terkait ziarah dan tabur bunga ke Makam Sedomukti, Desa Kaliputu Kecamatan Kota Kudus, Jumat (23/9) pagi.

Ziarah ke makam para pahlawan dan bupati pendahulu dilakukan usai apel peringatan hari jadi Kudus, tentu sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang perjuangannya dalam membangun Kudus.

Rombongan memulai ziarah di makam Kanjeng Kiai Adipati Aryo Tjondronegara III yang merupakan Bupati Pati-Kudus pada tahun 1811 sampai tahun 1837. Tak lupa, rombongan juga berziarah di makam RMP Sosrokartono yang merupakan kakak kandung pahlawan emansipasi wanita, R.A. Kartini.

“Kami ziarah ke makam para pahlawan, senior kita bupati terdahulu. Ini bentuk mengenang jasa beliau yang telah memimpin dan memajukan Kabupaten Kudus sehingga generasi sekarang bisa menikmati apa yang menjadi kerja keras beliau selama ini,” katanya.

Sebagai generasi penerusnya, Bupati Hartopo siap untuk melanjutkan dan meneruskan apa yang menjadi cita-cita para pendahulu untuk membangun Kabupaten Kudus agar semakin sejahtera.

“Sebagai generasinya, saya akan melanjutkan dan meneruskan apa yang menjadi cita-cita beliau untuk membangun Kabupaten Kudus, tidak kalah pentingnya dalam upaya menyejahterakan masyarakat Kudus,” ungkapnya.

Bupati juga berpesan pada generasi muda penerus bangsa khususnya di Kabupaten Kudus agar dapat ikut mengisi terkait pembangunan yang ada di Kudus serta turut menjaga kondusifitas wilayah.

“Saya harap generasi muda harus dapat bersinergi menjaga kondusifitas wilayah sehingga tercipta lingkungan aman dan tentram. Selain itu, mari membangun Kudus bersama-sama baik secara fisik maupun membangun dari segi SDM yang mengutamakan kualitas, tidak hanya kuantitas,” pesannya.

Dirinya berharap, apa yang dicita-citakan oleh pahlawan pendahulu dapat terwujud di tangan generasi penerus bangsa.

“Semoga apa yang dicita-citakan para pahlawan kita dapat diwujudkan oleh generasi penerus bangsa ini,” pungkasnya.

Ali Bustomi