blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Nasi goreng telur asin merupakan salah satu kreasi nasi goreng yang patut dicoba. Terlebih, cara membuat sajian ini masih terhitung mudah dan cocok disajikan kapan saja. Penasaran resep nasi goreng telur asin yang praktis seperti apa?

Varian nasi goreng satu ini sangat cocok bagi pecinta nasi goreng tanpa kecap. Sebab, resep nasi goreng telur asin sejatinya memang tidak menggunakan tambahan kecap. Uniknya lagi, beberapa olahan nasi goreng telur asin justru ditambahkan nori.

Nasi goreng telur asin bisa menjadi alternatif jika kamu mulai bosan dengan telur ayam yang umumnya digunakan. Dengan menggunakan telur asin, rasa nasi goreng akan lebih gurih dan teksturnya yang sedikit berpasir. Jika kamu memiliki telur asin namun bingung untuk mengolahnya menjadi apa, olah bersama nasi juga bisa menjadi ide yang tepat.

Baca Juga: Resep: Japanese Soba Salad

Daripada penasaran dengan rasanya, langsung saja coba resep nasi goreng telur asin dari kanal YouTube Naniek Lestari berikut, yuk!

Bahan:
– Nasi 1 piring
– 1 cabai merah besar, iris serong
– 2 siung bawang putih, iris tipis
– 5 siung bawang merah, iris tipis
– Cabai rawit, secukupnya
– 3 butir telur asin, kupas
– 1 bungkus rumput laut siap makan

Cara membuat nasi goreng telur asin:
1. Pertama, panaskan wajan untuk menggoreng nasi dengan satu sendok makan margarin, biarkan sampai meleleh.
2. Jika margarin mudah meleleh, masukkan semua bumbu yang sudah diiris. Masak sampai tercium bau harum dan sedikit layu.
3. Setelah itu, masukkan bagian kuning telur asin yang sudah dihaluskan. Masak kembali sampai tercampur rata.

Baca Juga: Resep: Crispy Cream Puffs

4. Selanjutnya, masukkan juga nasi yang sudah disiapkan. Masak kembali sambil terus mengaduk supaya nasi tercampur dengan bumbu.
5. Setelah itu, tambahkan satu sendok teh garam, dan merica bubuk secukupnya. Aduk kembali sampai tercampur rata.
6. Supaya lebih sedap, tambahkan satu sendok makan minyak wijen. Aduk lagi, lalu tambahkan rumput laut yang sudah dipotong kecil-kecil.
7. Sebelum kompor dimatikan, lakukan uji rasa terlebih dahulu.
Nasi goreng telur asin siap disajikan.

Selain membuatnya dengan resep di atas, tentu saja kamu bisa mengkreasikan nasi goreng telur asin sesuai seleramu sendiri. Kamu bisa menambahkan bahan pelengkap lain, seperti udang, bakso, sosis, atau sayuran seperti sawi, kol, atau wortel.

Demikian informasi mengenai resep nasi goreng telur asin. Selamat mencoba dan semoga sesuai dengan selera.

Claudia