blank
SENAM - Ribuan peserta ikuti senam massal Fatayat NU Kota Tegal. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Untuk kali pertama, ribuan peserta mengikuti kegiatan massal Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dengan senam massal yang digagas oleh Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tegal di halaman gedung DPRD Kota Tegal, Jawa Tengah, Minggu (18/09/2022).

Hadir Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PKB, Nur Nadlifah S.Ag MM, Pj Sekda Kota Tegal, Dr dr Sri Primawati Indraswari Sp.KK MM MH dan sejumlah Anggota DPRD Kota Tegal Fraksi PKB.

“Kegiatan massal yang baru pertama kalinya digelar sepanjang sejarah Fatayat NU Kota Tegal, diikuti oleh seluruh jajaran pengurus Fatayat NU dan umum yang jumlahnya mencapai seribu orang lebih,” kata Ketua Fatayat NU Kota Tegal periode 2020-2025, Waidah.

Waidah mengatakan, kegiatan itu berawal dari gerakan moral untuk mengajak seluruh masyarakat agar mengutamakan pola hidup sehat. Menurut Waidah, program Germas tidak cukup hanya digaungkan, tapi perlu tindakan nyata dari semua stakeholder masyarakat.

“Kami ingin mengajak seluruh komponen masyarakar, para stakeholder kemasyarakatan untuk gelorakan program pemerintah yaitu Germas, sebagai wujud kesadaran dari komitmen berpola hidup sehat,” ujar Waidah.

Dalam kegiatan tersebut Fatayat NU juga menggandeng Dinas Kesehatan Kota Tegal dan Laboratorium Cito untuk vaksinasi covid dan PAP Smears. “Karena kita baru pulih dari keterpurukan di masa pandemi Covid-29, kita menggandeng Dinkes Kota Tegal. Ada 1.000 peserta senam dari Fatayat NU dan umum. Untuk vaksinasi 125 orang dan Papsmear, yakni pendeteksi dini kanker serviks bagi ibu ibu sebanyak 49 orang,” ungkap Waidah.

Waidah mengaku kegiatan semacam ini belum pernah dilakukan oleh Fatayat NU Kota Tegal. “Kami berharap agar setiap anggota Fatayat NU bisa berkontribusi menanamkan pola hidup sehat di tengah masyarakat,” pungkas Waidah.

Sutrisno