Gebyar Berlianto, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Semarang (FT USM) saat mengajar di SMP Hasanuddin 6 Semarang. (foto;humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Gebyar Berlianto, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Semarang (FT USM) lolos program Kampus Mengajar Angkatan Ke-4 di SMP Hasanuddin 6 Semarang.

Gebyar mengatakan, program Kampus Mengajar mulai Juli hingga 1 Agustus. Untuk penarikan mahasiswa peserta Kampus Mengajar dilaksanakan pada 12 Desember.

Sebelum saya dinyatakan lolos banyak hal yang perlu untuk dipersiapkan, mulai dari syarat administrasi seperti surat rekomendasi dari kampus dan beberapa berkas lain yang nantinya akan di upload di laman Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM). Tahap selanjutnya, mengikuti tes kebhinekaan dan tes kompetensi,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan selama mengikuti Kampus Mengajar adalah membuat program literasi dan numerasi yang inovatif menyesuaikan sekolah penempatan. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam literasi dan numerasi.
”Saya berterima kasih kepada pihak USM yang telah membantu sehingga dapat mengikuti program Kampus Mengajar ini.

Banyak pengalaman yang belum pernah saya dapatkan di kampus, saya dapatkan di sekolah saya mengajar, mulai dari publik speeking, melatih percaya diri dan banyak lagi lainnya,” ungkapnya.

Dia ingin pengalamannya tersebut kepada mahasiswa lain yang akan mengikuti program Kampus Mengajar.

”Mari kita mengasah softskill dan menambah relasi di luar kampus, bertemu dengan mahasiswa kampus lain yang memiliki pengalaman lain. Dengan cara seperti itu pengalaman kita menjadi seorang mahasiswa tidak akan pernah sia-sia,” pungkasnya.

Muhaimin