blank
Bupati Kudus HM Hartopo berfoto bersama Guru Besar IAIN Kudus yang baru dilantik Prof Mudzakir. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – IAIN Kudus mengukuhkan Prof Mudzakir sebagai guru besar bidang Hukum Islam. Pengukuhan Prof Dr H Mudzakir MAg tersebut diyakini memberi dampak positif untuk peningkatan kualitas pendidikan di IAIN Kudus.

Penetapan Mudzakir, sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Islam berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, KH. Yaqut Cholil Qoumas, Nomor: 020898/B.II/3/2022 terhitung mulai tanggal 1 April 2022.

Hadir dalam prosesi pengukuhan tersebut, Bupati Kudus HM Hartopo serta sejumlah pejabat lain.

“Pengukuhan ini menjadi tanda IAIN terus menaikkan kualitas pendidikan dan siap bersaing menjadi kampus nomor satu,” ungkapnya saat menyaksikan pengukuhan guru besar Prof. Mudzakir di IAIN Kudus, Jum’at (16/9).

Hartopo juga membahas IAIN Kudus yang sedang rajin mengukuhkan guru besar. Terhitung, selama dua tahun terakhir, sudah empat guru besar yang dikukuhkan. Ini menunjukkan tekad kuat IAIN, terutama untuk bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

“IAIN ini senyap tapi terus berprogres ya. Tak mengenal lelah untuk terus meningkatkan kualitas dan menuju ke UIN,” ucapnya.

Dukungan Pemerintah Kabupaten Kudus akan terus mengalir terlebih untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kalau nantinya IAIN Kudus berniat membuka Fakultas Kedokteran, Hartopo akan memfasilitasi calon dokter lulusan IAIN Kudus bisa praktik di RSUD dr Loekmono Hadi.

“Kami membuka lebar RSUD apabila IAIN akan membuka program kedokteran. Kami sedang meningkatkan fasilitas, alat kesehatan, dan Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih mumpuni,” imbuhnya.

Rektor IAIN Kudus Prof Abdurrahman Kasdi turut berbangga dan sangat mengapresiasi atas lahirnya Guru Besar di lingkungan IAIN Kudus. Menurutnya, semakin banyak lahir Guru Besar maka akan semakin meningkatkan kualitas peran dan fungsi perguruan tinggi.

“Pengukuhan guru besar ini selain memberikan inspirasi juga menambahkan kekuatan baru bagi institusi bagi lembaga IAIN Kudus yang sedang berlari kencang dan sedang semangat-semangatnya untuk meraih segala harapan terbaru yang ada di depan mata kita”

Abdurrahman menuturkan peran Guru Besar menjadi sangat penting sebagai pelopor inovasi melalui pendidikan, riset, dan pengabdian dan karya besar untuk promoting IAIN Kudus.

Abdurrohman Kasdi berterima kasih atas dukungan yang diberikan Bupati Kudus terhadap IAIN. Selama ini, jalinan sinergitas IAIN dan Pemerintah Kabupaten Kudus telah berjalan dengan selaras dan kuat.

“Pak Hartopo ini selalu meluangkan waktu pada event-event penting IAIN. Ini menjadi salah satu bukti dukungan Pemkab Kudus terhadap IAIN Kudus,” tandasnya.

Ali Bustomi