blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dorongan pemulihan berbagai sektor pascapandemi, via pembangunan kehidupan berkelanjutan, dengan kembali ke akar budaya bangsa, harus terus ditingkatkan. Hal ini agar bangsa Indonesia mampu keluar dari ancaman dampak krisis global.

”Menjalani kehidupan yang berkelanjutan lewat penguatan sektor budaya, untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, adalah sebuah keniscayaan. Akar budaya dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, mampu menjadi jawaban atas tantangan yang muncul di masa kini,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/9/2022).

Dalam rangkaian kegiatan G20 di bidang kebudayaan, Indonesia berupaya untuk mengajak negara dan masyarakat dunia, guna mewujudkan kehidupan berkelanjutan, dengan kembali ke akar budaya.

BACA JUGA: Patroli dan Penjagaan Polisi di Tempat Keramaian Digencarkan

Hal itu terungkap, dalam pertemuan menteri G20 bidang kebudayaan (G20 Culture Ministers Meeting/CMM), yang mengusung tema ‘Budaya untuk Hidup Berkelanjutan’.

”Bagi Indonesia, dalam menghadapi tantangan pascapandemi, upaya untuk kembali memperkuat akar budaya anak bangsa, merupakan salah satu pilihan jalan keluar yang bisa menjadi solusi, dalam menghadapi sejumlah tantangan pascapandemi,” terang Lestari.

Penguatan akar budaya dengan penanaman nilai-nilai luhur bangsa, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus konsisten dan dilakukan secara masif dan terukur, sejak usia dini.

BACA JUGA: Dokter Lie Dharmawan Wujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sejumlah upaya untuk mengatasi dampak krisis pascapandemi, ujarnya, membutuhkan gerak bersama, yang dilandasi nilai-nilai persatuan dan gotong-royong, yang sudah mengakar dan dipahami seluruh anak bangsa.

Upaya untuk terus memperkuat akar budaya setiap anak bangsa, imbuh anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, harus benar-benar direalisasikan lewat langkah-langkah yang menyeluruh.

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu berharap, upaya penanaman nilai-nilai luhur kepada setiap anak bangsa sejak dini, bisa dilakukan dengan terukur, melalui sistem pendidikan Nasional yang ditetapkan di Tanah Air.

Dia berharap, pengembangan sektor budaya mendapatkan perhatian serius dari para pemangku kebijakan, agar bangsa Indonesia tidak kehilangan jati dirinya, dan mampu menjawab berbagai tantangan di masa depan.

Riyan