blank
SOSIALISASI - Siswa SD GIS Kota Tegal, mengikuti sosialisasi uang rupiah kertas Tahun Emisi 2022 dari Kantor Bank Indonesia Tegal. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Untuk mengenal uang rupiah, puluhan peserta didik dari Kelas V SD Primary Global Inbyra School (GIS) Kota Tegal, mengunjungi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Selasa (13/09/2022).

Selain mengenal lebih dekat dengan uang rupiah, puluhan peserta didik dari GIS juga mendapat sosialisasi terkait dengan perawatan uang rupiah. Berbagai souvenir juga diberikan kepada peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan terkait uang rupiah.

Seperti Michael (10) peserta didik kelas 5 GIS, tidak mau ketinggalan dengan teman-temannya, Michael ingin memiliki uang rupiah kertas Tahun Emisi 2022 dengan uang koin. Kepada kasir Kantor Bank Indonesia dengan semangat mengantri di loket penukaran uang.

Kepala Sekolah Primary Global Inbyra School Kota Tegal, Purmedianto menyampaikan, pihaknya sengaja mengajak peserta didik GIS menyambangi Kantor Bank Indonesia untuk mengenal lebih dekat uang rupiah. “Mengajak anak-anak untuk belajar tentang apa itu rupiah terutama. Supaya mereka bisa memahami fungsi rupiah,” kata Purmedianto.

Purmedianto berharap anak-anak bisa lebih mengenal rupiah dan mencinta rupiah serta menjadikan rupiah kuat di kedaulatan negeri sendiri apalagi mereka adalah generasi penerus calon pemimpin.

Pelaksana Unit Data Statistik dan Kehumasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Nanda Pinandita Ramadani mengatakan, pihaknya telah memberikan edukasi cinta, bangga dan paham rupiah kepada anak-anak.

Nanda juga memberikan sosialisasi dan pengenalan Bank Indonesia kepada peserta didik Primary Global Inbyra School Kota Tegal,

Sementara Asisten Kasir Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Tri Aji Mulyadi memberikan edukasi kepada anak-anak bagaimana
menjaga dan merawat uang rupiah dengan tidak melipat, meremas, membasahi, streples dan mencoret uang.

Selain sosialisasi, peserta didik GIS juga mendapatkan hadiah berupa souvenir bagi yang bisa menebak pertanyaan terkait rupiah.

Sejak 18 Agustus 2022 Bank Indonesia dengan resmi meluncurkan uang rupiah kertas Tahun Emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah. Bank Indonesia meluncurkan sebanyak 7 pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022, yakni dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000 dan Rp 100.000.

Sutrisno