blank
Komandan Kodim 0712/Tegal, Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh memberikan Jam Komandan kepada prajurit dan PNS. Foto: Dok/Pendim

TEGAL (SUARABARU.ID) – Komandan Kodim (Dandim) 0712/Tegal, Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh memberikan Jam Komandan (pengarahan) kepada prajurit dan PNS, Selasa (13/9/2022).

Tujuan pengarahan sendiri sebagai penerapan disiplin prajurit sekaligus perwujudan soliditas TNI di satuannya.

Usai pengarahan, dilanjutkan kegiatan komunikasi sosial dengan berbagai elemen masyarakat yang berlangsung di Indor Lapangan Tenis Kodim 0712/Tegal.

Dalam pengarahannya, Dandim menyampaikan, TNI sebagai alat pertahanan negara hadir ditengah masyarakat untuk menjaga kedaulatan negara, dan membantu kesulitan rakyat, serta mempersatukan komponen masyarakat agar solid dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat.

“TNI menurut Undang-undang Nomor 29 tahun 54 tentang pertahanan negara, Presiden adalah Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI, dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Panglima TNI, Kasad, Kasal dan Kasau. Dalam penjabaranya adalah loyalitas yang tegak lurus kepada Presiden, Panglima TNI, Kasad, Pangdam dan Danrem,” ungkap Dandim.

Disebutkan, saat ini jajaran Kodim 0712/Tegal sedang melaksanakan program unggulan Kasad untuk membantu masyarakat sekitarnya, antara lain ketahanan pangan, stunting, sumur bor/TNI manunggal air, RTLH, wawasan kebangsaan, deradikalisasi, dan bencana alam.

Pada kesempatan yang sama Dandim memberikan wawasan kebangsaan kepada seluruh komponen masyarakat yang berada di wilayah Kodim 0712/Tegal, melalui kegiatan komunikasi sosial.

Komponen masyarakat pada kegiatan ini terdiri dari tokoh masyarat, tokoh agama dan ormas pemuda pancasila, Kokam, banser, karang taruna, Patayat Muslimat NU, Aisyah Muhamadiyah dan mahasiswa di wilayah Kodim Tegal.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan kesolidan TNI dengan semua elemen masyarakat di wilayah Kodim 0712/Tegal.

Ning Suparningsih