blank
Narasumber FGD Rekognisi Pembelajaran Lampau untuk Perangkat Desa di Unnes. Foto: Prokompim Blora

SEMARANG (SUARABARU.ID) – . Bupati Blora menginginkan semua kades, perangkat desa, dan kader penggerak desa di Kabupaten Blora bisa kuliah dan mencapai gelar sarjana Strata 1 (S1).

Hal ini disampaikan Bupati Blora usai menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk Perangkat Desa di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin 12 September 2022 yang dihadiri Menteri Desa PDTT, Dr. (HC) Abdul Halim Iskandar.

Dalam FGD tersebut, Kepala Badan Pengemabangan Sumber Daya Manusia (BPSDM)  Kementerian Desa, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd., menjelaskan, kuliah bisa diikuti oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua dan anggota BPD, Pengelola BumDes, Tenaga Pendamping Desa, dan Kader Penggerak Desa.

Lulusan SMA sederajat, dan berusia antara 25 tahun hingga 50 tahun, nantinya untuk menjadi S1, akan mengikuti kuliah selama dua tahun. Satu semester minimal datang ke kampus tiga kali. Selebihnya bisa via zoom.

Jurusannya apa saja?  Dikatakan Prof. Dr. Luthfiyah, nantinya bisa dibicarakan antara tim teknis Pemkab, dalam hal ini Bupati sesuai kondisi SDM desanya, dengan Perguruan Tinggi yang ditunjuk seperti Unnes Semarang.

‘’Kementerian Desa siap membantu dan memfasilitasi, tentunya sesuai kaidah Perguruan Tinggi. Pak Bupati Blora ini sangat antusias, nanti akan terus kita kawal bersama agar kedepan Blora bisa lebih baik lagi,” kata Kepala BPSDM Kementerian Desa.

Blora Jadi Daerah Percontohan

Untuk mewujudkanya, Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.,. tandaskan Blora siap menjadi daerah percontohan pelaksanaan program perkuliahan (RPL) dari Kementerian Desa PDTT tersebut.

‘’Blora siap dan bersedia secepatnya menindaklanjuti program RPL Kementerian Desa PDTT dengan Unnes Semarang.  Kita ingin agar kualitas SDM Desa bisa semakin ditingkatkan melalui program ini,” tandas Bupati H. Arief.

Atas keseriusan itu,  Menteri Desa PDTT, Dr. (HC) Abdul Halim mengucapkan terima kasih kepada Bupati Blora yang sudah aktif menyambut RPL untuk wilayah Jawa Tengah tersebut.