blank
Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto (kiri), menyerahkan penghargaan kepada awak mobil Angkot Wonogiri yang memiliki keberanian menangkap dua orang tersangka pencopet.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto, Selasa (13/9), memberikan penghargaan kepada tiga orang awak Angkutan Kota (Angkot). Ketiganya, dinilai telah membantu tugas kepolisian dalam penanganan tindak kiriminal, karena memiliki keberanian menangkap dua orang tersangka kawanan pencopet.

Trio awak Angkot Wonogiri tersebut terdiri atas Suprapto warga asal Krisak Kulon, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Berikut Ramto dan Budi Raharjo, keduanya penduduk Dusun Tunggul dan Joho Kidul, Kelurahan Giriwono, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

Keberanian trio awak Angkot Wonogiri menangkap dua tersangka copet ini, berlangsung Rabu (31/8) lalu dan videonya pernah viral di Media Sosial (Medsos). Itu diawali saat Suprapto, menerima keluhan siswi yang menangis karena kehilangan ponsel.

Suprapto yang menjabat sebagai Ketua Paguyuban Angkot Wonogiri, segera memerintahkan sopir Angkot Budi Raharjo untuk mengejar terduga pencopetnya yang naik Angkudes ke lampu Bangjo Ponten.

Tiba di Ponten, kedua pencopet ternyata telah berpindah ke mobil Angkot yang disopiri oleh Ramto. Di depan pintu belakang mobil Angkot Ramto, Budi, mendapatkan perlawanan dan ditendang oleh tersangka pencopetnya.

Berprestasi

Budi yang mantan sopir bus AKDP (Antarkota Dalam Provinsi), berusaha menangkap kaki pencopet untuk ditarik keluar. Rekan-rekan sopir dan warga ikut membantu meringkusnya. Sebelum kemudian, kedua pencopet itu dibawa ke Mapolsek Wonogiri Kota.

Ramto, menyatakan, tidak mengira kalau dua orang pria yang menumpang mobilnya tersebut adalah tersangka pencopet. Dikatakan, keduanya sempat menawarkan ongkos Rp 20 ribu, supaya secepatnya meninggalkan Ponten. Tapi tawaran itu ditolak oleh Ramto.

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, pemberian penghargaan kepada trio awak Angkot tersebut, digelar dalam upacara di halaman Mapolres dengan Inspektur Upacara Kapolres.

Bertindak sebagai Perwira Upacara Kasubbagbinkar Bag SDM AKP Yatmo dan Komandan Upacara Kanitprovos Sipropam Ipda Muli Haryanto, Pembawa acara Briptu Rahmawati, Pembaca keputusan Aiptu Yuntoro dan Pemandu doa Briptu Edo Kurniawan Julandini.

Dalam upacara ini, juga diberikan penghargaan kepada anggota yang berprestasi. Yakni kepada Brigadir Fajar Wahyuning Kuncoro dari Satlantas Polres Wonogiri.

Bambang Pur