blank
Kepsen: Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono (tengah) mewakili Bupati Arif Sugiyanto menerima Piagam Penghargaan dan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional Rabu 31/8 di Boyolali.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)– Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memperoleh Piagam Penghargaan dan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat perayaan Hari Pramuka ke 61 Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jateng di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali Rabu (31/8).

Penghargaan yang diberikan kepada Bupati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kebumen diwakii leh Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono.

Penghargaan, Lencana Darma Bakti sesuai Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 175 Tahun 2012 menandai seseorang telah memberikan jasa dan pengabdiannya yang besar artinya dan dinilai bermanfaat bagi perkembangan Gerakan Pramuka dan gerakan kepramukaan di dunia.

“Kita patut bersyukur Bapak Bupati selaku Ketua Kamabicab Kwarcab Kebumen mendapat penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwarnas. Ini menandakan beliau Bapak Bupati punya kepedulian tinggi terhadap kemajuan Pramuka di Kebumen,”ujar Bupati.

Komitmen Mendukung Kemajuan Pramuka

Menurut Sekda Ahmad Ujang, komitmen Bupati dalam mendukung kemajuan Pramuka diwujudkan dengan penguatan anggaran. Tidak hanya itu, Bupati juga terlibat aktif dalam setiap kegiatan Pramuka, termasuk memberikan pendampingan.

“Dengan penghargaan ini kita berharap Pramuka di Kebumen semakin berkembang maju, menambah semangat seluruh jajaran pengurus dan adik-adik Pramuka dalam melaksanakan giat kepramukaan. Ini yang utama,”terang Sekda.

Terpisah, Bupati Arif Sugiyanto menambahkan, dengan diberikan penghargaan ini, pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung kegiatan kepramukaan di Kebumen. Bagaimana pun, lanjut Bupati, Pramuka adalah wadah penanaman karakter bagi para siswa.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kwarnas atas penghargaan ini. Ini sejatinya penghargaan bukan untuk saya, tapi untuk Pramuka Kebumen. Organisasi kepanduan ini harus kita dukung terus sampai kapan pun, karena di sinilah karakter siswa itu bisa dibentuk menjadi pribadi yang unggul,” terang Arif Sugiyanto.

Bupati menyatakan, kecintaan terhadap Pramuka bukan hanya sekarang. Namun jauh sebelum itu, pada saat dirinya masih sekolah juga aktif mengikuti kegiatan Pramuka. Ia bahkan pernah ikut kegiatan Jambore Pramuka Kabupaten Kebumen di Bumi Perkemahan Widoro, Karangsambung.

Komper Wardopo