Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta ( kiri) saat bermain ketoprak Rainha de Japora bersama anggota Forkopimda Jepara ( Foto: Uut)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta mengaku lega sebab  akhirnya Tim Verifikasi Lapangan Pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional akan mengunjungi Jepara tanggal 28 – 30 Agustus 2022.

“Kami mengajak seluruh warga Jepara untuk menyambut  hangat kedatangan tim,” ujar Edy Supriyanta yang menjadi salah satu pemegang peran dalam Ketoprak Spektakuler Rainha de Japora belum tanggal 20 Agustus 2022  bersama unsur Forkopimda dan 270 seniman Jepara yang terdiri dari anggota KORPRI dan pensiunan.

Tari Bedhayan Retna Kencana yang baru saja diluncurkan sebagai pembuka pentas ketoprak Rainha de Jepara yang dimainkan oleh 21 orang penari ( Foto: Uut)

Verifikasi ini menurut Edy Supriyanta dilakukan setelah selesainya  pembahasan atas usulan  Pahlawan Nasional  Ratu Kalinyamat oleh  Tim Peneliti  dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP). “Tim ini akan datang ke Jepara bersama Tim Sekretariat untuk melakukan verifikasi lapangan,” ujar Edy Supriyanta saat dihubungi SUARABARU.ID melaluyi pesan WhatsApp Sabtu (27/8-2022) malam.

Tim ini bermaksud untuk menggali informasi, mengklarifikasi dan melihat kesesuaian  antara dokumen  dengan fakta di lapangan. “Disamping bertemu Forkopimda, tim juga akan bertemu  dengan pengusul, pendukung, budayawan dan pegiat budaya  serta mengunjungi masjid  dan makam Mantingan serta situs pelabuhan Jepara era kepemimpinan Ratu Kalinyamat,” ujar Edy Supriyanta.

Forkopimda Jepara turut bermain di dalam pentas ketoprak Spektakuler Rainha de Japora (Foto: UUT)

Edy Supriyanta berharap pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional yang telah dilengkapi dengan sumber-sumber primer  yang cukup lengkap ini dapat diterima oleh pemerintah pusat.

“Harapan masyarakat Jepara pada Hari Pahlawan 10 November 2022 nanti Ratu Kalinyamat menjadi salah satu tokoh yang mendapatkan anugerah pahlawan nasional dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Hadepe