blank
Karnaval yang berlangsung meriah ( Foto : Ar)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Peringatan HUT KE – 77 Republik Indonesia di RW 01 Dukuh Krajan desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara berlangsung meriah. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dengan agenda kegiatan: lomba sepak bola berdaster, tata rias, joget balon, tarik tambang, pukul air,  kebersihan lingkungan antar RT,   karnaval dan pentas seni anak- anak.

Masyarakat antusias mengikuti semua kegiatan, baik lomba individu atau pun kelompok antar RT, karnaval dan pentas seni. Anak- anak, remaja dan dewasa berkumpul di lapangan dukuh Krajan RW 01 Tubanan.

Lomba kebersihan lingkungan bermanfaat untuk masyarakat, dalam persiapannya masyarakat di lingkungan RT masing- masing mengadakan kerja bakti sehingga lingkungan bersih dan nyaman. Di samping persiapan lomba menginginkan yang terbaik, namun ada sisi positifnya yang tentu nilainya lebih tinggi yaitu : kebersamaan, kekompakan, gotong royong dan toleransi.

Karnaval juga  diikuti semua lapisan masyarakat. Mereka semangat mengikuti kegiatan dengan memakai pakaian karakter sesuai pilihan masing- masing. BPD, Sekretaris desa, ketua RW, ketua RT dan masyarakat mengikuti karnaval berjalan mengelilingi wilayah RW 01, suasana sangat meriah.

Malam harinya dilanjutkan pembagian hadiah lomba dan pentas seni, untuk lomba Kebersihan Lingkungan dan Sepak bola di samping mendapat hadiah juga mendapat piala. Hal ini memacu semangat peserta lomba.

Dian Sunarmi ketua panitia meminta dukungan kepada pemangku wilayah dan masyarakat, mengharapkan partisipasi dalam kegiatan perayaan HUT RI ke-77 ini baik dalam lomba, karnaval mau pun pentas seni. “Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak/Ibu dan teman- teman atas bantuan materi, pikiran dan tenaga,” ujarnya.

Lomba dan karnaval diikuti anak- anak, remaja dan dewasa. Untuk pentas seni diisi rebana, pembacaan puisi dan pantun, tari dan gerak lagu dari SD Negeri 1 Tubanan dan anak- anak RW 01.

Dalam sambutannya Drs. Sutrisna, MM selaku Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tubanan memberikan apresiasi kepada pemuda RW 01 Tubanan yang telah bekerja sama dengan masyarakat hingga terselenggaranya rangkaian acara HUT RI dengan meriah. “Hal ini merupakan wujud cinta dan bangga kita dengan Republik Indonesia,” ucapnya.

Hadepe –  Rofiatun, guru SD Negeri 3 Tubanan