blank
Fajar/Rian

TOKYO (SUARABARU.ID)– Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tampil meyakinkan setelah mengalahkan wakil Jepang, Hiroki Okamura/Masayuki Onodera, dalam pertandingan babak kedua atau 32 besar Kejuaraan Dunia BWF 2022.

Bertanding di Tokyo Metrpolitan Gymnasium, Rabu 24 Agustus 2022, Fajar/Rian berhasil menang dua gim langsung atas Hiroki/Masayuki dalam duel yang berlangsung selama 34 menit dengan skor 21-13, 21-10.

Fajar/Rian tampil agresif dan cepat dalam mendulang poin. Hasilnya, Fajar/Rian sukses menutup set pertama dengan kemenangsan 21-13.

Di gim kedua, Fajar/Rian tak menurunkan intensitas serangannya. Hal itu membuat Hiroki/Masayuki keteteran. Pasangan tuan rumah tersebut dipaksa tertinggal 6-11 pada paruh pertama. Usai turun minum keduanya tak memberikan kesempatan kepada wakil Jepang itu.

Hingga akhirnya, Fajar/Rian berhasil menyelesaikan pertandingan melawan Hiroki/Masayuki dengan kemenangan 21-10 di set kedua.

Hasil ini membuat Fajar/Rian dipastikan lolos ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia BWF 2022. Di babak tersebut, Fajar/Rian akan berhadapan wakil Jepang lagi, yakni pemenang dari duel antara Akira Koga/Taichi Sato melawan Keiichiro Matsui/ Yoshinoro Takeuchi.

“Hari ini kita masih coba-coba lapangan ya. Ini pertama kali sejak 2018 terakhir main di sini jadi kita masih mencari-cari pola permainan yang cocok dengan karakteristik lapangan dan shuttlecock yang lumayan berat,” ujar Rian mengomentari hasil tersebut.

“Untuk besok kita harus bisa mengontrol permainan karena tadi shuttlecocknya lumayan berat. Jangan terlalu ingin cepat mematikan karena kalau terburu-buru bisa kitanya balik tertekan. Selain itu, penempatan dan arah pukulan juga harus bagus,” tambahnya.

Sementara menurut Fajar, target di event ini yang terbaik. “Pastinya mau yang terbaik di sini dan semoga kita bisa juara tapi kita tahu tidak mudah jadi fokus step by step saja. Tadi kita langsung fokus dari awal, antisipasi permainan mereka dengan coba menerapkan pola yang kita mau. Kita sudah tahu harus bermain seperti apa,” paparnya.

“Ini kan turnamen individu jadi semuanya pasti mau yang terbaik. Kita fokus satu satu dulu, tidak terlalu memikirkan nanti ketemu teman sendiri atau bagaimana. Semua pemain perlu diwaspadai, tidak hanya teman sendiri,” tambah Fajar Alfian.

Muhaimin